Headline Kesehatan Medan Sumut

Ajudan Wagub Sumut Sembuh dari Covid-19

 

mediasumutku.com I Medan : Setelah menjalani masa isolasi selama 14 hari di RSUP Adam Malik Jalan Bunga Lau, Kota Medan, Ory Kurniawan yang merupakan ajudan Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah, dinyatakan sembuh dari virus corona atau Covid-19, Senin (6/4). Ory pun menjadi orang kedua yang berhasil sembuh, setelah dinyatakan positif pada 14 Maret silam.

“Alhamdulillah saya sudah sembuh dari penyakit yang disebabkan oleh Virus Covid-19, dan hari ini saya sudah berada di rumah. Saya ucapkan terima kasih banyak pada pihak rumah sakit yang telah merawat saya dengan baik,” ucap Ory di Medan Rabu (8/4/2020).

Tak hanya itu, Ory pun mengucapkan terima kasih kepada Wagub Musa Rajekshah yang telah memberikan perhatian dan dukungan kepadanya. “Dan terima kasih juga kepada tenaga medis sebagai garda terdepan yang memberikan perawatan kepada orang-orang yang terkena Covid-19 ini. Dan tak lupa pula saya ucapkan terima kasih kepada Wakil Gubernur Sumut Pak Ijeck yang sudah perhatian dan peduli sekali pada saya,”tambahnya.

Tak hanya itu, Ory juga membagikan pengalaman berharganya hingga bisa sembuh dari Covid-19. “Saya ingin sampaikan bahwa penyakit yang disebabkan Covid-19 ini bisa disembuhkan, asal tetap memperhatikan stamina tubuh, jangan stres, kemudian banyak minum vitamin konsumsi buah-buahan dan yang paling penting tetap berdoa kepada Allah SWT agar kita diberikan kekuatan untuk menghadapi penyakit ini,” tambahnya.

Meski sembuh, Ory diharuskan untuk tetap melakukan isolasi diri secara mandiri selama 14 hari ke depan. “Pembatasan aktivitas saja anjurannya dua minggu ke depan social distancing,” ujar Koordinator Penanganan Covid-19, RSUP Haji Adam Malik Ade Rahmaini membenarkan kesembuhan Ory.

8 Pasien Covid 19 Dinyatakan Sembuh

Sementara itu secara terpisah, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut Whiko Irwan, Selasa (7/4), menyampaikan hingga saat ini sudah ada 8 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh. Menurutnya, sembuhnya pasien ini, telah dibuktikan melalui hasil swab, dimana virus sudah tidak ada lagi di tubuhnya.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Whiko Irwan menyampaikan perkembangan terbaru penanganan pasien Covid-19. Antara lain, adanya 8 pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19. Kemudian, ada 76 kasus positif dan 7 orang meninggal dunia.

“Dari data di atas menunjukan penyebaran masih berlangsung di Sumut. Kebijakan tanggap darurat harus tetap kita dukung agar warga Sumut tetap melakukan upaya pencegahan,” ujar Whiko Irwan di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan, Selasa (7/4).

Menurut Whiko, sembuhnya pasien ini, telah dibuktikan melalui hasil swab dimana virus sudah tidak ada lagi di tubuhnya. Dengan demikian pasien sembuh dapat kembali lagi ke masyarakat tanpa harus melakukan isolasi.

Whiko juga mengingatkan masyarakat untuk tetap menggunakan masker bila keluar rumah. Masker tidak hanya dipakai bagi orang yang sakit, tapi juga untuk orang yang sehat. Karena 90 % jumlah yang terinfeksi karena droplet dari mata, hidung dan mulut.

“Masker kain tiga lapis dapat melindungi masyarakat sampai 70 %. Gejala demam tinggi, batuk, sesak nafas belum tentu dirasakan oleh semua penderita Covid-19. Akan tetapi gejala ini dapat menularkan kembali pada orang di sekitarnya, terutama orang tua serta orang dengan imunitas rendah. Maka itu penggunaan masker harus dilakukan oleh seluruh masyarakat Sumut,” katanya.

Whiko juga mengucapkan terima kasih pada petugas kesehatan yang terus berjuang merawat pasien Covid-19 serta mengucapkan terima kasih pada masyarkat yang telah memberikan donasi untuk penanganan Covid-19 di Sumut.

“Sampai saat ini yang diterima sebesar Rp265.340.000. Bagi anda yang ingin berdonasi dapat melakukan transfer ke rekening Bank Sumut Peduli Covid-19 10001027777777. Marilah kita membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran ini dengan mengikuti semua protokol kesehatan pencegahan,” katanya. (MS5)