Medan

Akan Berikan Program Terbaik, Wanasari Siap Maju di Musda IJTI Sumut

MEDAN-Wanasari, jurnalis perempuan asal tvOne disebut-sebut menjadi salah satu kandidat kuat yang akan maju menjadi calon ketua  Ikatan Jurnalist Televisi Indonesia (IJTI) Sumatera Utara (Sumut) di Musyawarah Daerah IJTI Sumut yang akan diselenggarakan Sabtu (27/8/2022) mendatang.

Wanasari saat diwawancarai, Kamis (25/8/2022) mengatakan, dukungan yang terus mengalir dari rekan jurnalis televisi membuat dirinya siap maju pada pencalonan sebagai ketua di acara Musda IJTI Sumut. Menurutnya, Musda kali ini merupakan momentum bagi IJTI Sumut untuk terus bertumbuh dan besar sehingga menjadi rumah bersama bagi seluruh insan pertelevisian di Sumatera Utara.

“Karena banyak dukungan, dengan dorongan serta suport rekan-rekan Jurnalis di Sumut saya siap untuk maju menjadi Ketua IJTI Sumatera Utara periode 2022- 2026. Namun, munculnya sejumlah nama yang akan maju merupakan hal yang cukup baik. Besarnya antusias sejumlah nama ini, tentunya menjadi harapan besar bagi kemajuan IJTI Sumatera Utara,” ujarnya.

Dikatakan Wana, sebagai insan pers yang merupakan kaum intelektual, seluruh anggota IJTI harus berperan dalam memajukan dunia pendidikan. Perkembangan teknologi informasi, harus bisa dijadikan peluang bagi IJTI untuk berbagi ilmu, khususnya bidang jurnalistik.

“Kita mempunyai tanggung jawab moral dalam mengarahkan kalangan pelajar untuk cerdas dan bijak dalam menggunakan maupun mengkonsumsi sarana informasi. IJTI kedepan harus bisa menangkap peluang ini,” ujar Wanasari.

Disamping itu lanjut Wana, harmonisasi adalah langkah utama yang mesti diwujudkan oleh ketua terpilih, sehingga organisasi ini besar dan maju bersama anggotanya, kebersamaan dan semangat korsa kekeluargaan harus lebih diperkuat kedepan.

Wana menambahkan, banyak hal yang juga bisa dilakukan IJTI kedepan. Salah satunya mengawal setiap derap pembangunan berbagai bidang di daerah, termasuk dalam memberikan masukan atau kritikan membangun untuk kemajuan daerah.

“Banyak harapan besar tentunya yang bisa dilakukan IJTI. Kita berharap bisa menghadirkan pemimpin yang cerdas, mempunyai visi yang jelas dan tentunya bisa mengayomi berbagai perbedaan di tubuh insan jurnalis televisi. Terutama jurnalis perempuan. Prempuan punya peluang yang sama dengan laki-laki. Jadi, siapapun yang punya semangat jadi pemimpin dengan visi misi yang membangun, kenapa tidak?”pungkas Wanasari.

Salah satu anggota IJTI Sumut, Yoga, menyebutkan, sosok Wana sangat cocok menjadi ketua IJTI Sumut ke depannya. Wanasari tidak diragukan lagi dalam memimpin suatu organisasi.

“Karena ia juga merupakan wartawan senior di tvone dan pengalamannya dalam hal jurnalistik serta di dunia pers sudah mantang,” pungkas Yoga.

Yoga mengakui, karena Wanasari juga merupakan seorang akademisi di bidang Jurnalistik dan seorang dosen muda yang bertalenta.

“Bayangkan saya, Wanasari ini memiliki latar pendidikannya juga tidak diragukan, sebab dia seorang dosen. Jadi secara keilmuan dan perkara ilmiah dia sudah mengerti, dan paham, apalagi dia seorang dosen di salah satu universitas,” bebernya.

Hal yang sama dikatakan Bahana Sitorus. Dia mengungkapkan, seorang Wanasari bisa saja menang dalam pemilihan tahun ini sebagai ketua IJTI Sumut. Sebab, sosok Wanasari, ia akui, bak seperti Ibu Kartini.

“Cerdas, pintar, dan kritis serta mengayomi. Hal itu ada di diri Wanasari, sebab yang saya bilang ini sudah terbukti,” jelasnya.

Seperti diketahui, Wana Sari merupakan alumus STIKPE dan juga alumus Megister USU. Kemudian, ia juga aktif di bidang penelitian-penelitian terkait kasus-kasus jurnalis yang dikriminalisasi serta permasalahan jurnalistik dan perkembangan jurnalistik di Indonesia.

Selain itu, ia juga merupakan seorang dosen Komunikasi yang selalu aktif mengisi kuliah-kuliah umum di berbagai daerah. Bahkan, yang paling utama, Wana Sari ini merupakan reporter/jurnalis handal tvone, yang menguak berita dari segala sisi dan selalu mengabarkan dari berbagai daerah serta berbagai negara. (MS7)