Ekonomi

Akhirnya, Perang AS-China Sudah Berakhir

mediasumutku.com | AS – Akhirnya Ketidakpastian itu berakhir sudah. Amerika Serikat (AS) dan China mencapai kesepakatan perdagangan fase satu, sekaligus mengakhiri perang dagang yang sudah berlangsung 17 bulan.

Presiden AS Donald Trump mengatakan, Washington sudah mencapai kesepakatan perdagangan dengan Beijing. Untuk itu, AS akan menangguhkan tarif impor atas China yang seharusnya berlaku 15 Desember 2019.

“Kami telah menyetujui Kesepakatan Fase Satu yang sangat besar dengan China. Mereka telah menyetujui banyak perubahan struktural dan pembelian besar-besaran Produk Pertanian, Energi, dan Barang-Barang Manufaktur, dan banyak lagi,” kicau Trump dalam akun Twitter-nya, Jumat (13/12).

Trump juga mengatakan, AS akan memangkas beberapa tarif atas barang-barang Cina yang sudah berlaku sebelumnya. Selain itu, AS akan memulai negosiasi kesepakatan perdagangan fase kedua dengan China dalam waktu dekat.

Perwakilan Dagang AS (USTR) menambahkan, Washington setuju untuk memodifikasi tarif untuk barang-barang China dengan “cara yang signifikan” di bawah perjanjian perdagangan fase satu dengan Beijing.