Berita Sumut Headline Medan Politik

Anggota DPRD Medan Edward Hutabarat Tanggapi Keluhan Parbetor

MEDAN-Aksi demo Persatuan Abang Beca Bermotor (Parbetor) di depan Kantor Walikota Medan mendapat tanggapan dari Anggota DPRD Medan dari Fraksi PDI Perjuangan Edward Hutabarat, Kamis (23/6/2022).

Edward Hutabarat menyampaikan apa yang dihadapi Parbetor adalah masalah kita juga. Hendaknya, hal-hal seperti ini dibicarakan dulu baik-baik bersama OPD dan pihak Pemko Medan, agar ada solusi.

“Ada sebanyak 3000 parbetor jumlahnya dalam wadah tersebut, kita akan panggil unsur OPD terkait dalam rapat dengar pendapat agar ada solusi terbaik. Kita mengajak Parbetor agar tetap tenang dan menahan diri untuk tidak anarkis terutama karena dipengaruhi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. Karena, apa yang disuarakan pasti ada jalan keluarnya,” paparnya.

Berdasarkan apa yang disuarakan Parbetor, lanjut Edward ternyata masih banyak abang-abang betor yang belum mendapatkan program Bantuan Kesejahteraan sosial seperti KIS/JKN,PKH, BPNT, KUBE,KIP,PIP dan bantuan lainnya.

“Di dalam UU disebutkan bahwa orang miskin dan anak telantar ditanggung oleh negara dan sebagian besar abang-abang betor tergolong kurang mampu dan perlu mendapat perhatian serius,” katanya.

Setelah kita pahami permasalahannya, lanjut Edward baru nantinya kita meminta pengalokasian APBD buat peremajaan, perawatan betor seperti Icon lainnya guna terwujudnya Medan Smart City. Selain itu juga meminta Dinas Koperasi dan UKM agar transparan dalam penggunaan anggaran negara termasuk pengadaan bantuan untuk UMKM dan Koperasi.

Sebelumnya, saat aksi di depan kantor Wali Kota Medan, Ketua DPP Parbetor sekaligus Kordinator Parbetor Johan Merdeka menyuarakan aspirasinya di depan kantor Walikota Jalan Kapten Maulauna Lubis Medan.

Parbetor yang melakukan aksi menagih janji Walikota Bobby Nasution yang menjadikan Betor sebagai angkutan wisatawan dan menjanjikan isteri-isteri Parbetor memiliki usaha, namun hingga hari ini belum ada kejelasannya.

Mereka juga mengharapkan kebijakan yang dilakukan pihak Dinas Koperasi & UMKM Medan dan OPD terkait, namun surat permohonan mereka sudah berbulan-bulan belum ada kejelasan dan balasan.

Dalam orasinya, DPP SATU BETOR (Dewan Pimpinan Pusat Solidaritas Angkutan Transportasi Umum Becak Bermotor) menyampaikan sikap agar Bobby Nasution merealisasikan janji yang pernah disampaikan di hadapan ratusan abang-abang Betor pada aksi 19 Desember 2021 lalu yang akan membantu isteri-isteri abang Betor.

“Realisasikan segera janji Bobby Nasution yang akan menjadikan Betor sebagai angkutan wisatawan,” kata mereka dalam aksi.