Berita Sumut Headline Sumut

Arief Sudarto Trinugroho Berharap Pujakesuma Tetap Bersatu dalam Kebhinekaan

MEDAN – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Uatar (Sumut) Arief Sudarto Trinugroho mengharapkan organisasi kemasyarakatan Putra Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma) tetap bersatu dalam kebhinekaan. Mampu menjalin persatuan di tengah kemajemukan masyarakat yang ada di Sumut.

Hal tersebut disampaikan Sekdaprov Sumut Arief Sudarto Trinugroho pada Perayaan HUT ke-77 Republik Indonesia yang dilaksanakan DPW Wanita Pujakesuma di Pendopo Wanita Pujakesuma Komplek Tasbih I Blok A, Medan, Sabtu (27/8). Hadir Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis, Ketua Umum DPW Pujakesuma Eko Supiarto, Ketua DPW Wanita Pujakesuma Chairiah Sujono, serta ratusan anggota Wanita Pujakesuma dari Kabupaten/Kota se-Sumut.

“Sumut ini memiliki berbagai etnis dan pastinya Pujakesuma sudah berbaur dengan bebagai suku yang ada di Sumatera dan Sumut khususnya. Pujakesuma diharapkan tetap dapat bersatu dalam kebhinekaan,” ucap Arief Sudarto Trinugroho.

Arief juga berpesan, Pujakesuma harus dapat berperan aktif dalam kegiatan sosial lainnya, sehingga kehadirannya dapat bermanfaat bagi anggota dan masyarakat secara umum. “Organisasi apa pun didirikan, pastinya dapat bermanfaat untuk seluruh anggotanya dan juga ke masyarakat,” katanya.

Ketua DPW Wanita Pujakesuma Sumut Chairiah Sujono mengatakan, Wanita Pujakesuma telah ada di seluruh kabupetan/kota se-Sumut. Organisasi sosial kemasyarakatan ini berdiri, menurutnya, untuk menjalin silaturahmi antara putra dan putri Jawa asal Sumutera.

“Pujakesuma milik semua suku, karena sudah berbaur, dan organisasi ini berdiri untuk saling bersilaturahmi. Pujakesuma sudah ada di setiap kabupaten/kota, dan kita mendukung semua program pemerintah dan siap bermitra dengan pemerintah,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum DPW Pujakesuma Eko Supiarto mengatakan, selain kegiatan perayaan HUT ke-77 RI, nantinya juga akan dilaksanakan Musyawarah Wilayah (Muswil), antara lain untuk menentukan pengurus dan program selanjutnya.

“Muswil ini nantinya saya meminta agar berjalan dengan baik dan lancar, agar kepengurusan dan program dapat berjalan dengan semestinya. Pujakesuma meminta semua program nantinya bergerak pada ekonomi kerakyatan. Saya yakin Pujakesuma kedepan semakin rukun dan damai,” katanya.