Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
PlayPause
previous arrow
next arrow
HeadlinePendidikanPerkebunan & Pertanian

Astra Agro Lestari Dukung Program SDM Unggul dengan Smart Parenting

×

Astra Agro Lestari Dukung Program SDM Unggul dengan Smart Parenting

Sebarkan artikel ini

Inhu, Mediasumutku.com- PT Astra Agro Lestari, sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit, menggelar acara workshop Smart Parenting di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Selasa (10/9/2019). Acara ini digelar sebagai bukti dukungan Astra Agro Lestari terhadap program pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

Muhammad Marwan, Direktur Area PT Astra Agro Lestari Tbk Andalas 2 dalam acara itu meyebutkan, perkembangan teknologi informasi yang semakin berkembang memberikan dampak yang sangat besar bagi perkembangan manusia pada masa kini dan masa depan.

Tidak hanya memiliki dampak positif, Marwan melihat perkembangan teknologi tersebut juga memberikan dampak negatif yang signifikan jika tidak disikapi dengan bijaksana. “Workshop ini memiliki fokus bagaimana peran orangtua agar anak menjadi SDM yang unggul,” kata Muhammad Marwan.

Baca Juga:   Heboh! Ombak Besar Terjang Manado

Menurutnya, guru hanya berinteraksi dengan murid selama 1/3 hari. Waktu anak paling banyak di rumah. Oleh karena itu workshop ini dilaksanakan agar orangtua dapat berkomunikasi dengan baik agar anak menjadi sesuatu yang dibanggakan pada masa yang akan datang.

“Komunikasi orang tua dan anak sangat penting karena kalau anak-anak tidak dijaga, mereka terjerumus dalam hal negatif seperti narkoba dan terjebak kemajuan teknologi seperti medsos,” lanjut Marwan.

Program ini juga merupakan dukungan bagi pemerintah dalam pengembangan SDM. “Kami mendukung dan memfasilitasi implementasi motto SDM Unggul Indonesia Maju sebagaimana motto Presiden Joko Widodo,” tegasnya.

Baca juga: Hadi Sugeng Kagumi Mahasiswa Unibraw yang Pahami Isu Sawit

Baca Juga:   Aksi Polwan di Tengah Bahaya Kebakaran Lahan

Sementara itu Intan Nurcahayani dari Education Department menyebutkan, anak-anak saat ini menjadi sangat emosional karena terlalu lama bersentuhan dengan ponsel dan televisi. “Kecanduan ponsel dan televisi mengaktifkan otak reptil manusia yang menyebabkan manusia kehilangan kendali emosi,” ujar Intan yang menjadi pembicara utama dalam workshop itu.

Solusinya, kata Intan, adalah dengan mengembangkan pola komunikasi yang baik antara orang tua dan anak. Ia yakin, komunikasi mampu mengarahkan anak-anak untuk menjadi baik maupun buruk.

Oleh karena itu ia melihat metode komunikasi yang baik menjadi fokus pada workshop yang diselenggarakan di PT Tunggal Perkasa Plantation tersebut. Selain itu, ia mengingatkan agar komunikasi suami dan istri juga perlu mendapat perhatian karena keluarga yang baik mampu mengarahkan anak agar lebih baik di masa yang akan datang.

Baca Juga:   Moch Husni, PR Astra Agro Lestari: "Berkarir di Bidang Komunikasi Bisa Menjanjikan Loh"

Menurut Azman, wakil Komite SDN 012 Sunggai Sagu, workshop itu sangat bermanfaat bagi orangtua untuk mengetahui tumbuh kembang anak dan bagaimana para orangtuan dapat menyikapi anak agar menjadi pribadi yang sopan.

Menurutnya, workshop kali ini mengajarkan bahwa tumbuh kembang anak juga sangat bergantung dari perilaku orangtua. Kata dia, orangtua diingatkan kembali tentang perilaku yang menjadikan anak kami menjadi anak yang berprestasi.

“Kami berharap kegiatan seperti ini sering dilakukan untuk menjadikan anak kami berprestasi dan yang terpenting mempunyai kepribadian yang baik dan sopan,” tegasnya. (MS1/MS1)