Berita Sumut Sumut

Bilal Mayit dan Guru Mengaji di 5 Kecamatan Terima Santunan

TEBING TINGGI– Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, menghadiri kegiatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 H/2022 M Kabupaten Sergai yang dilaksanakan di lapangan bola kaki Paya Mabar, Desa Paya Mabar, Kecamatan Tebing tinggi, Rabu (24/8/2022). Acara ini juga dirangkaikan dengan pemberian santunan semester I kepada para bilal mayit dan guru mengaji.

Dalam sambutannya, Wabup Sergai menyampaikan jika kegiatan ini merupakan sarana untuk bertemu dan bersilaturahmi. Ia menyebut, dirinya dan Bupati Sergai H. Darma Wijaya menjadikan unsur “religius” sebagai salah satu bagian utama dalam visi Sergai yang “Maju Terus”, selain mandiri dan sejahtera.

“ Dalam mewujudkan Sergai yang religius, kami berupaya menciptakan berbagai program yang dapat mendukung aspek kereligiusan masyarakat Sergai. Salah satunya Gerakan Amal Saleh (GAS),” ujar Adlin Tambunan.

Ia menjelaskan, program GAS ini melibatkan secara aktif ASN Pemkab Sergai yang beragama Islam. Mekanismenya dengan menghimpun zakat dari ASN lewat potongan tambahan penghasilan pegawai (tpp) sebesar 2.5% setiap bulan.

“Zakat yang dikumpulkan ini kemudian dikelola bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Sergai. BAZNAS kemudian menyalurkan zakat ASN ini sebagai santunan kepada para saudara-saudara kita yang bertugas sebagai perangkat keagamaan seperti bilal mayit dan guru mengaji,” katanya lagi.

Santunan ini, jelas Adlin, diserahkan dua kali dalam setahun atau per 2 semester. Ia berpesan, agar bilal mayit dan guru mengaji yang menerima santunan memaknainya tidak dari nominalnya, namun pada niat dan komitmen Pemkab Sergai untuk menyejahterakan warga yang telah mendedikasikan diri untuk menguatkan nilai agama bagi generasi muda.

Wakil Ketua BAZNAS Sergai Ustad Zarkasih menyampaikan penyerahan santunan ini sudah dimulai sejak bulan Juli dan menjangkau 13 kecamatan. Ia melaporkan, pada kesempatan hari ini ada sekitar 600 orang bilal mayit dan guru mengaji dari 5 kecamatan yang berkesempatan menerima santunan GAS.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sergai yang telah menunjukkan komitmen dan perhatian kepada para bilal mayit dan guru mengaji, dengan melibatkan ASN. Apalagi dalam prosesnya, Pemkab Sergai mempercayakan pengelolaan zakat tersebut kepada BAZNAS,” ungkap Ustad Zarkasih.

Hadir pada kesempatan serupa, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sergai Fadli Kurniawan menyebut jika saat ini sudah ada 671 guru mengaji dan bilal mayit yang sudah terdaftar dalam program jaminan sosial tersebut.

“ Dari 671 warga tersebut, hadir hari ini sebanyak 221 yang berasal dari 5 kecamatan yaitu Sei Bamban, Tebing Tinggi, Tebing Syahbandar, Bandar Kalipah, dan Dolok Merawan. Para bilal mayit dan guru mengaji ini mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan untuk jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian,” terangnya.

Acara Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 H/2022 M ini diisi dengan tausiah dari Ustadz Amhar Nasution, MA, yang membawa tema terkait keutamaan sikap sabar dan manfaat bersedekah bagi umat.

Hadir juga dalam kegiatan, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik H. Henri Suharto, SH, MAP, para Kepala OPD dan Kabag, Camat se-Kabupaten Sergai, para Kepala Desa dan para guru mengaji serta bilal mayit dari lima kecamatan.(MS8)