Ekonomi Headline Nasional Perkebunan & Pertanian

Bincang Tipis-Tipis Dengan Bupati Kapuas, Siapa Bilang Food Estate di Kapuas Gagal?

KAPUASBincang Tipis-Tipis dengan Bupati Kapuas, Ir. Ben Brahim S.Bahat,MM,MT terkait program Food Estate Padi Kalteng Sukses dengan Bukti Produktivitas Panen yang Tinggi. Bincang Tipis-Tipis di akun TikTok ini dipandu host Erman Tale Daulay, Rabu (18/1/2023).

Bupati Kapuas menceritakan bagaimana upaya yang dilakukan dalam menyukseskan food estate, yang pertama adalah kebersamaan semua lintas baik dengan Pemkab Kapuas sendiri, provinsi maupun pemerintah pusat. Dengan kebersamaan dan kekuatan kelompok tani yang ada, dalam dua tahun terakhir, 2020-2022, food estate telah menghasilkan panen yang signifikan. Terbukti, lahan yang baru dibuka sudah produktif.

“Kami juga menyampaikan terimakasih kepada pemerintah pusat, khususnya kepada Presiden RI Joko Widodo yang menetapkan Kalteng dalam hal ini Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas menjadi wilayah food estate untuk ketahanan pangan nasional. Sudah tentu ini kami sambut dengan baik dan penuh dengan tanggungjawab,” katanya.

Lebih lanjut Ben Brahim S.Bahat menyampaikan bahwa dalam perjalanannya menuju keberhasilan food estate ini sangat luar biasa. Dimana lahan-lahan yang baru dibuka, kemarin baru panen raya. Kita tidak menyangka lahan yang baru dibuka, kita tanam lalu panen dan hasil panennya bisa mencapai 5,8 ton per hektar, itu adalah lahan yang baru ditanam.

“Prediksi saya ke depan, mungkin 3 tahun ke depan sudah bisa mencapai 9 sampai 12 ton per hektar,” tandasnya.

Kalau pun ada ucapan beberapa orang yang menyatakan bahwa food estate itu gagal, Ben Brahim S.Bahat menyampaikan ternyata di Kapus dan Pulang Pisau justru berhasil, lahan yang baru dibuka hasilnya sudah sangat luar biasa.

Jadi, tambahnya, food estate di Kalimantan Tengah itu berhasil. Harapan saya ke depan, pemerintah pusat tetap mendorong untuk bersinergi dengan daerah dalam meningkatkan produksi, juga membuka lahan-lahan baru yang bisa menambah produksi. Keberhasilan ini tidak terlepas dari sinergi seluruh elemen mulai dari pemerintah, pemerintah provinsi dan kabupaten.

Ben Brahim menyampaikan apresiai pada jajaran Kementan yang memberi perhatian besar pada budidaya pangan terpadu di kawasan food estate padi Kalteng.

Tinggalkan Balasan