Medan

Bobby Nasution Pimpin Upacara Peringatan Hari Bela Negara

MEDAN-Walikota Medan, Bobby Nasution menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-74 Tahun 2022, Senin (19/12/2022) di halaman depan kantor wali kota. Saat itu, Bobby Nasution membacakan sambutan tertulis Presiden Joko Widodo yang menekankan keharusan warga negara mempunyai daya tangkal dan
ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang.

“Kita harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif, dan berdaya saing serta memiliki kesadaran Bela Negara,” sebut Bobby Nasution dalam upacara  yang diikuti Sekda Wiriya Alrahman, segenap Asisten, pimpinan OPD, camat, lurah se-Kota Medan itu, dan pegawai Setdako Medan itu.

Bobby Nasution mengatakan, peringatan Hari Bela Negara ke-74 ini meneguhkan niat kita, bahwa upaya membela negara adalah upaya bersama yang dilakukan oleh seluruh komponen bangsa.

Disampaikannya, bela negara adalah sikap, perilaku, dan tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara.

“Bela negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara,” ucapnya dalam upara Peringatan Hari Bela Negara yang bertema “Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku” itu.

Disampaikan pula, nilai dasar bela negara adalah cinta tanah air; sadar berbangsa dan bernegara; setia pada Pancasila sebagai ideologi negara; rela berkorban untuk bangsa dan negara; dan kemampuan awal bela negara. Nilai-nilai inilah yang harus terus diimplementasikan dalam program pembinaan kesadaran bela negara, baik itu di lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan, maupun lingkungan masyarakat pada umumnya.

Pada peringatan Hari Bela Negara ke-74 Tahun 2022 ini, Bobby Nasution juga menyampaikan ajakan Presiden Jokowi agar seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi masing-masing, untuk ikut serta dalam Bela Negara.

“Jadikan hari ini sebagai momentum bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat, serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai,” ucapnya.

Upacara itu berlangsung dalam suasana khidmat, ditandai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, hening cipta, pembacaan teks Pancasila, teks Pembukaan UUD 1945, serta Bela Negara. (MS7)