Headline Kesehatan Sumut

BPJS Kesehatan Tanjungbalai Ajak Masyarakat Biasakan Cuci Tangan

Mediasumutku.com | Tanjungbalai : BPJS Kesehatan Cabang Tanjungbalai ikut melakukan upaya pepemerangan terhadap penyebaran virus covid-19 dengan pemberlakuan physical distancing dan penerapan protokol pencegahan kesehatan demi pemberhentian siklus penyebaran virus.

Tak terkecuali di kantor BPJS Kesehatan Cabang Tanjungbalai. Meskipun sebagaian besar layanan sudah dialihkan melalui layanan digital, masyarakat dengan keperluan administrasi tertentu masih tetap dapat dilayani.

“Upaya ini kami lakukan sebagai upaya agar kita semua dapat terhindar dari virus Corona, diharapkan seluruh pengunjung yang datang ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Tanjungbalai, mematuhi dan mengikuti prosedur cuci tangan dengan benar,” Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Tanjung Balai, Amri Pohan

Selain itu, berbagai upaya dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang tentunya mengikuti arahan pemerintah pusat maupun daerah. Bentuk upaya tersebut antara lain dari segi sarana prasarana seperti penyediaan wastafel tempat cuci tangan lengkap dengan sabun, tissue serta handsanitizer di depan pintu masuk kantor serta mewajibkan setiap peserta maupun tamu yang berkunjung untuk terlebih dahulu mencuci tangan sebelum memasuki ruangan kantor.

Selain itu BPJS Kesehatan juga menerapkan pengukuran suhu tubuh dengan menggunakan thermal gun oleh security ketika menerima setiap orang sebelum memasuki kantor tak terkecuali pegawai yang juga sudah kita lengkapi dengan pelindung kesehatan seperti masker dan sarung tangan.

“Upaya dari segi sarana tersebut sudah kita terapkan di seluruh wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Tanjung Balai yaitu Kabupaten Asahan, Batu Bara, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu dan Labuhanbatu Selatan,” ujar Amri.

Amri juga menambahkan upaya dari segi pelayanan peserta yang mengutamakan social distancing yaitu dengan pengalihan sebagian layanan BPJS Kesehatan ke Aplikasi Mobile JKN dan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.

Upaya social distancing pada pelayanan peserta juga sudah dilakukan dengan lebih banyak mengedukasi masyarakat untuk menggunakan Aplikasi Mobile JKN maupun menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400. BPJS Kesehatan juga membuka kanal informasi dan tanya jawab bagi masyarakat melalui media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram.

“Baik melalui Mobile JKN, media sosial, ataupun datang langsung ke Kantor BPJS Kesehatan, kita selalu upayakan standar mutu pelayanannya tetap sama. Namun, dalam kondisi darurat saat ini, kami sangat menyarankan peserta untuk mengakses layanan BPJS Kesehatan melalui Mobile JKN maupun menghubungi nomor 1500 400 tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan,” tutupnya.