Berita Sumut Ekonomi Sumut

Buka Sosialisasi Inacraft, Sri Ayu Mihari Minta Daerah Lahirkan Produk Baru

MEDAN – Wakil Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Sri Ayu Mihari meminta agar Dekranasda yang ada di kabupaten/kota di Sumut melahirkan produk-produk baru yang lebih tren.

Demikian diungkapkannya saat membuka Sosialisasi Inacraft II dan Inacraft 2023 di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Senin (5/9). “Saya ingin untuk Inacraft selanjutnya Sumut lebih baik lagi. Diharapkan untuk event yang akan datang Dekranasda Kabupaten/Kota yang sudah pernah ikut tetap lanjut dengan produk-produk yang lebih tren dan tetap mengusung budaya dan corak Sumut,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia juga mengungkapkan bahwa Dekranasda Kabupaten/Kota yang belum berpartisipasi pada Inacraft sebelumnya, harus sudah berpartisipasi pada event yang akan datang. “Koordinasi juga dengan OPD setempat dalam rencana penganggarannya,” sebutnya.

Ia juga berharap bagi OPD yang belum berkontribusi dapat berpartisipasi memfasilitasi UKM yang dibina melalui Dekranasda Sumut. “Kita juga berkomitmen untuk membawa produk kabupaten/kota yang belum mempunyai anggaran untuk menyewa stan,” ucapnya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) yang telah menjembatani Dekranasda Sumut dengan penyelenggara sehingga tempat pamerannya bisa satu area.

“Harapan saya ke depan ini bisa terus berlanjut. Dan semoga kita bisa saling mendukung, sehingga produk-produk kerajinan Sumut lebih dikenal dan dibeli oleh para buyer dari mana pun. Dan efeknya perajin kita sejahtera,” harapnya.

Seperti diketahui, Inacraft sendiri merupakan sarana promosi kerajinan yang bertaraf internasional. Di mana hasil kerajinan tangan-tangan terampil di daerah dipromosikan dengan harapan dapat pembeli, buka hanya dari Indonesia melainkan juga dari mancanegara.