Berita Sumut Headline Sumut

Bulan Bakti Karang Taruna Sumut, Musa Rajekshah Ajak Pemuda Produktif dan Kreatif

DELISERDANG – Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengajak seluruh pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Sumut untuk produktif dan kreatif, serta ikut membangkitkan ekonomi di daerahnya masing-masing, dengan berbagai inovasi.

“Karang Taruna itu harus kuat di tengah masyarakat di daerah wilayahnya masing-masing, terutama dalam mendukung kreativitas, membangkitkan ekonomi dan memunculkan inovasi-inovasi,” ujar Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah saat menghadiri Bulan Bakti Karang Taruna (BKKT) Sumut sekaligus HUT ke-62 Karang Taruna di Gedung Balairung, Komplek Kantor Bupati Deliserdang, Minggu (30/10).

Saat ini, lanjut Ijeck, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dan Pemerintah Kabupaten/Kota menginginkan bagaimana ekonomi bisa bangkit lebih baik hingga ke tahun-tahun selanjutnya. “Suasana ekonomi saat ini secara global sangat mengkhawatirkan, perekonomian global kini tengah diterpa sejumlah persoalan. Alhamdulilah, Indonesia pertumbuhannya menanjak, Sumut juga masih baik didukung oleh sumber daya alamnya. Maka ini harus sama-sama kita jaga, sama kita rawat dan mengelolahnya dengan baik,” katanya.

Ijeck berharap Karang Taruna yang basisnya ada hingga ke desa-desa, harus bisa menjalankan program-programnya dengan baik dan menghadirkan program-program kreatif lainnya untuk membangkitkan ekonomi.

“Menjalankan program yang sudah ada bagus, tapi perlu juga dilakukan inovasi-inovasi bagaimana agar ekonomi bangkit. Mungkin bisa menghadirkan sentra UMKM seperti Pos Bloc. Saya pagi tadi bertemu dengan Bapak Menteri Koperasi dan UKM, beliau baru saja melaunching Pos Bloc, sentra UMKM dan kuliner bertempat di Kantor Pos Medan. Program ini bisa dicontoh, menggunakan aset pemerintah. UMKM itu penopang ekonomi yang riil, maka Karang Taruna harus bisa hadir lihat potensi daerahnya,”ujar Ijeck.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Sumut Dedi Dermawan Milaya mengatakan, Karang Taruna terus berupaya menjadi wadah bagi lahirnya sosial entrepreneur dan leader yang mampu memajukan Indonesia dan Sumut khususnya.

“Hari ini pemuda harus bangkit, melalui wadah Karang Taruna rumah besar kita ini, kita harus bisa menciptakan sosial entrepreneur, pengusaha muda dan sosial leader. Kami tahu ke depan tantangan semakin berat. Persaingan pemuda ke depan cukup berat maka kita harus punya kompetensi dan skill dan mempunyai kemandirian,” kata Dedi.

Lanjutnya, pihaknya akan melahirkan berbagai program-program yang lebih inovatif seperti yang diharapkan Wagub. “Potensi di Sumut akan kami kembangkan, saya juga mengimbau pemuda-pemuda Karang Taruna di desa bisa menciptakan peluang-peluang di daerahnya. Nanti di Rakerda kita munculkan program-program yang hisa melahirkan pemuda yang terampil dan lebih baik,” tutupnya.

Hadir dalam acara Wakil Bupati Deliserdang Muhammad Ali Yusuf Siregar, Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga, Bupati Labuhanbatu Utara Hendriyanto Sitorus dan Kepala Dinas Sosial Sumut Basarin Yunus Tanjung.