Religi

Bupati Asahan Buka Festival Seni Nasyid dan Qasidah

Asahan – Festival Seni Nasyid/Qasidah Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2022 resmi dibuka oleh Bupati Asahan H. Surya, di Desa Sei Silau Barat Kecamatan Setia Janji, Selasa (12/7/2022).

Pembukaan diawali dengan pawai ta’aruf dari peserta nasyid / qasidah tingkat Kecamatan dan desa se-Kabupaten Asahan serta masyarakat.

Usai mengikuti pawai ta’aruf Bupati Asahan bersama unsur Forkopimda dan beserta tamu undangan menuju mimbar utama untuk membuka acara.

Ketua Umum Festival Seni Nasyid/Qasidah Tingkat Kabupaten Asahan tahun 2022 Buwono Prawana melaporkan kegiatan ini merupakan program pemerintah secara Nasional, di Kabupaten Asahan dan diikuti berjenjang.

Buwono yang juga Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat melaporkan kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari sejak tanggal 12-15 Juli 2022 dengan peserta berjumlah 638 orang terdiri dari 294 putra dan 344 putri yang berasal dari 25 Kecamatan se-Kabupaten Asahan dengan cabang yang diperlombakan yakni Cabang Qasidah Klasik sebanyak 46 group, Putra 21 group, Putri 25 group. Adapun Kecamatan yang tidak mengirim group nasyid putra adalah Kecamatan Sei Kepayang, Sei Kepayang Timur, Simpang Empat dan Bandar Pulau.

“Untuk Cabang Bintang Vokalis terdiri dari Anak-anak Putra 10 orang, Anak-Anak Putri 14 orang, Remaja Putra 12 orang, Remaja Putri 12 orang, Dewasa Putra 14 orang, Dewasa Putri 13 orang. Dan yang terakhir Cabang Pop Religi terdiri dari Anak-anak Putra 11 orang, Anak-anak Putri 13 orang dan remaja Putra 16 orang, Remaja Putri 17 orang”, lapor Buwono.

Menutup laporannya Buwono mengatakan peserta terbaik nantinya akan diberikan hadiah berupa sertifikat, uang tunai dan sebagai Duta Kabupaten Asahan di Tingkat Provsu.

Dikesempatan ini Ketua DPRD Kabupaten Asahan H. Baharuddin Harahap, SH, MH mengatakan kegiatan Festival Nasyid yang digelar ini sejatinya selain dalam rangka menumbuh kembangkan kemampuan dan keterampilan menguasai seni nasyid yang merupakan seni budaya yang bernuansa Islam, pada hakekatnya juga adalah bagaimana agar seni budaya ini lebih dikenal dan diminati masyarakat yang pada akhirnya secara bersama sama pula kita bisa membangun dan mengembangkannya sebagai sarana dakwah Islam menuju keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Sementara Bupati Asahan H. Surya, BSc pada pidatonya mengatakan festival seni Qasidah/Nasyid ini adalah sebagai arena untuk mengetahui sampai sejauh mana hasil pembinaan yang telah dilakukan mulai dari Tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan sampai ketingkat Kabupaten yang pada hakikatnya, sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Asahan dalam mewujudkan visi misi Asahan Sejahtera yang Religius dan berkarakter.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan kami berharap kepada para dewan juri untuk dapat memberikan penilaian kepada seluruh peserta yang terbaik, agar dapat menjadi Duta Asahan di tingkat Propinsi bahkan Tingkat Nasional”, harap Bupati. (MS10)