Headline Sumut

Tentukan Arah Prioritas Pembangunan, Bupati Samosir Buka Raker Pemda

Mediasumutku.com | Samosir – Untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten Samosir maka Pemerintah Samosir ingin agar seluruh pimpinan Organisasi Daerah (OPD) bisa menyatukan pendapat sehingga dapat menentukan arah pembangunan Samosir bisa tepat, terarah, dan terintegrasi antara Provinsi dan Pusat.

Demikian hal yang disampaikan Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM saat membuka Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Raker Pemda) Samosir 2021 di Aula Kantor Bupati Samosir, Kamis (6/02/2020).

Menurut Rapidin, dalam Raker Pemda 2021, pihak ingin mewujudkan Pembangunan SDM, Pemantapan Pariwisata dan Pertanian untuk pertumbuhan ekonomi yang berkualitas.

“Pembahasan Raker ini merupakan tahapan awal dan harus menjadi rancangan dan rumusan prioritas pembangunan daerah dengan Mengacu indikator kinerja utama. Untuk itu, para OPD terkait agar menyusun dengan baik dan terencana” kata Rapidin Simbolon.

Lebih lanjut dikatakan Dalam penyusunan Raker Pemda Samosir 2021 diperlukan sistem terintegrasi dan terencana. Untuk itu, diharapkan OPD memberikan argumentasi dengan mengacu pada indikator kinerja program dan memberikan manfaat kepada masyarakat luas.

Apa yang kita programkan harus mempunyai efek multi ganda yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengurangi kemiskinan dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Samosir.

Ditegaskan juga, antar OPD agar menjalin koordinasi sehingga hasil perencanaan yang dihasilkan saling mendukung dan sesuai dengan visi Kabupaten Samosir. Program pembangunan 2021 juga harus Simetris dengan pemerintah Propinsi dan Pemerintah Pusat.

Jadi sektor Pariwisata dan sektor Pertanian dapat diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Samosir. Dalam pertanian, Bupati Samosir targetkan pembangunan pompa air untuk irigasi pertanian untuk mengatasi musim yang tidak menentu.Kedepan diharapkan bahan pangan untuk perhotelan dapat dipenuhi dari kelompok bangkit.

Turut hadir Sekretaris Daerah Samosir Jabiat Sagala, Asisten Administrasi Umum Lemen Manurung, Kepala BPS Kabupaten Samosir dan OPD terkait lainnya.