Berita Sumut Headline Nasional

Bupati Sergai H. Darma Wijaya Hadir Dalam Pengarahan Presiden RI Joko Widodo di JCC Jakarta

JAKARTA-Bupati Serdang Bedagai H. Darma Wijaya, hadir dan mendengarkan langsung pengarahan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo bertempat di ruang Cenderawasih Jakarta Convention Center, Jl. Gatot Subroto Jakarta Pusat, Kamis (29/9/2022).

Didalam arahan Presiden RI, terdapat 3 poin penting, diantaranya mengenai pengendalian inflasi di daerah, tindak lanjut aksi afirmasi bangga buatan Indonesia, dan pembahasan mengenai pemasaran, percepatan, dan penghapusan kemiskinan ekstrim.

Dalam kesempatan tersebut Preseden Joko Widodo menyinggung pejabat publik yang sering melakukan kegiatan liburan di luar negeri. Menurut beliau sangatlah tidak bijak disaat sekarang sebagai pejabat publik berwisata keluar negeri, apalagi sampai di posting akun instagram dan media sosial lainnya.

“Saya ini tiap tahun bisa sampai 20 kali undangan ke luar negeri, tetapi saya pilah mana yang benar-benar akan membawa dampak bagi Indonesia, paling saya akan penuhi dua saja dari undangan itu” katanya.

Bahkan presiden menambahkan tempat wisata di Indonesia masih jauh lebih bagus daripada di luar negeri untuk dijadikan tempat liburan.

Selain bagi masyarakat, Presiden Joko Widodo mengarahkan jajaran pemerintah daerah mengurangi pengadaan barang impor dan mendorong penggunaan barang-barang dalam negeri melalui mekanisme pengadaan barang.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, menyampaikan laporannya. Dalam laporannya beliau menyampaikan enam terobosan aksi afirmasi bangga buatan Indonesia. Selain itu beliau juga menyampaikan tiga instrumen kebijakan konvergensi program dan perbaikan akurasi sasaran serta kemiskinan ekstrim.

Menanggapi instruksi tersebut, Bupati Sergai H. Darma Wijaya, menyebutkan bahwa Kabupaten Sergai siap menjalankan arahan serta pesan dari presiden RI tersebut.

Data BPS menunjukan laju inflasi di tanah air sedang marak- maraknya, oleh karena itu Bupati Sergai H. Darma Wijaya menyebut akan dilakukan penanggulangan jangka pendek, dengan digelarnya secara berkala operasi pasar di kabupaten Serdang Bedagai.

Selain itu, Bung Wiwik, panggilan akrab Bupati Sergai juga berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menggelorakan aksi Bangga Buatan Indonesia, yang mana merupakan salah satu strategi percepatan pemulihan ekonomi akibat wabah pandemi Covid-19 melalui penggunaan produk dalam negeri yang diproduksi oleh UMKM.

“Sebelumnya juga kita memang selalu menghimbau dan meminta seluruh lapisan masyarkat agar mencintai produk lokal. Selain itu, Kabupaten Sergai juga memiliki Dewan UKM juga Dekranasda yang aktif memperkenalkan produk-produk lokal yang siap bersaing di pasar domestik yang memiliki kualitas tinggi,” pungkasnya. (MS8)