Berita Sumut Ekonomi Sumut

Bupati Sergai Serahkan Bantuan Peralatan Produksi kepada 25 IKM

TELUK MENGKUDU – Pemberian bantuan peralatan mesin produksi menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi Industri Kecil Menengah (IKM).

Hal ini dikatakan Bupati Darma Wijaya saat memberikan bantun peralatan produksi berupa mesin penggiling kedelai sebanyak 4 unit mesin kepada, mesin pengaduk sabun 1 unit, mesin peras santan 8 unit, mesin jahit, serta handseller dan standing pouch kemasa keripik kepada sederet IKM yang ada di Serdang Bedagai di Desa Pekan Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu, Senin (14/11/2022).

Adapun penerima bantuan ini sebanyak 25 IKM diantaranya IKM pembuat tahu, dodol, keripik (IKM Dambaan), pembuat kue kering, pengolahan makanan, penjahit, dan pembuat sabun.

“Saya minta agar Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Tim Penggerak PKK serta OPD TLterkait lainnnya dapat bersinergi terus dalam pemanfaatan bantuan peralatan mesin produksi ini, sehingga pelaku usaha IKM dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produknha di masa mendatang,” katanya.

Ia juga mengharapkan kerjasama antsra IKM dan Pemkab terus terjalin untuk mewujudkan Sergai yang Mandiri, Sejahtera, dan Religius.

“Bantuan ini juga wujud nyata yang kami lakukan sebagai implementasi dari Sapta Dambaan kelima yakni Ekonomi Berdaya Saing,” tambahnya

Sementara itu Kadisperindag Kabupaten Sergai Roy CPS Pane mengatakan bahwa bantuan ini bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) Tahun Anggaran 2022.

Adapun penerimanya mencakup IKM dari beberapa kecamatan yakni Teluk Mengkudu, Perbaungan, Pantai Cermin, dan Dolok Merawan. (MS8)