Ekonomi

Bursa AS Menghijau Ditopang Laporan Keuangan Emiten AS

mediasumutku.com | NEW YORK – Pada perdagangan Rabu (23/10/2019) Wall Street menghijau didorong oleh rilis laporan keuangan emiten di bursa Amerika Serikat (AS) meski tak seluruhnya sesuai ekspektasi. Indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) naik 45,85 poin atau 0,17% ke 26.833,95, S&P 500 naik 8.53 poin atau 0,28% ke 3.004,52 dan Nasdaq Composite naik 15,50 poin atau 0,19% ke 8.199,79.

Saham Boeing dan Caterpillar naik lebih dari 1% meski kedua perusahaan mencatatkan penurunan laba. Boeing mencatat laba triwulanan turun 53% tetapi menyatakan Boeing 737 MAX akan segera terbang. Penjualan Caterpillar Asia anjlok, tetapi perusahaan mengatakan dampak dari tarif perang dagang AS-China lebih kecil terhadap bisnis perusahaan.

Dengan tidak adanya perkembangan baru dalam hubungan perdagangan, fokus investor beralih pada laporan kinerja emiten dan pengumuman masing-masing emiten.

“Caterpillar tentu terdampak efek perang dagang, jadi itu tidak terlalu mengejutkan,” kata Shannon Saccocia, kepala investasi Boston Private seperti dikutip Reuters.

“Boeing memiliki masalah tersendiri dari perspektif 737 MAX.”

Kenaikan saham Apple Inc dan Facebook Inc menopang indeks utama.

Saham Apple naik 1,3% setelah Morgan Stanley mengatakan layanan streaming video Apple akan segera diluncurkan. Layanan yang disebut Apple TV+ ini diyakini dapat mengerek pendapatan.

Saham Facebook naik 2,1% setelah Kepala Eksekutif Mark Zuckerberg berusaha meyakinkan anggota parlemen AS tentang mata uang digital milik perusahaan, Libra.

Volume transaksi perdagangan di bursa AS mencapai 6,11 miliar.