Ekonomi Headline Nasional Sumut

Dani Rusli Utama Diangkat Jadi Dirut Baru Pelindo 1

Mediasumutku.com I Belawan: Menteri BUMN Erick Thohir mengganti jabatan Direktur Utama Pelindo I Dian Rachmawan dengan Dani Rusli Utama dalam RUPS yang digelar Senin (22/6). Erick Thohir menggeser Dian menjadi Direktur Wholesale dan International Service PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Persero) atau Telkom. Dani sendiri sebelumnya menjabat Direktur Teknik PT Pelindo II (Persero) yang berkedudukan di Jakarta.

Perubahan susunan direksi PT Pelindo 1 itu diumumkan setelah diadakannya Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pelindo 1 di Jakarta pada Senin, 22 Juni 2020 lalu.

“Benar sudah ada pergantian susunan direksi di Pelindo 1. Pak Dani Rusli Utama dari Pelindo 2 menjadi Direktur Utama Pelindo 1,” kata SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo 1, Imron Eryandy, kepada wartawan di Belawan Senin (22/6).

Dalam RUPS tersebut, selain mengangkat Dani Rusli Utama sebagai Direktur Utama Pelindo 1, Erick Thohir juga memberhentikan M. Hamied Wijaya dari jabatan Direktur SDM dan Umum Pelindi 1 dan digantikan Henry Naldi yang sebelumnya menjabat sebagai SVP Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Pelindo 1.

Erick Thohir juga mencopot Syahputera Sembiring dari jabatan Direktur Operasional dan Komersial Pelindo 1 sekaligus menggantinya dengan Ridwan Sani Siregar yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Prima Terminal Petikemas (PT PTP). PT PTP adalah anak perusahaan Pelindo 1.

Sedangkan Henri Panggabean diangkat sebagai Direktur Keuangan Pelindo 1 yang sebelumnya sebagai Senior Manager Treasury and Corporate Finance Pelindo 2.

Selain merombak jajaran direksi, Erick Thohir juga menambah satu jabatan baru di Pelindo 1, yakni Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis yang dijabat oleh Prasetyo. Dia sebelumnya menjabat sebagai Head of Strategic Planning and Corporate Performance Bureau Pelindo 3.

SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo 1, Imron Eryandy menerangkan bahwa pergantian pejabat baik itu promosi maupun rotasi suatu perusahaan atau instansi adalah suatu peristiwa yang bisa kapan saja terjadi.

“Kementerian BUMN selaku Kuasa Pemegang Saham Pelindo 1 memiliki kekuasaan untuk melakukan pergantian susunan Direksi maupun Komisaris Pelindo 1. Kami mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan sumbangsih yang diberikan selama bertugas memangku jabatan Direksi kepada jajaran Direksi Pelindo 1 sebelumnya. Dan kepada jajaran Direksi yang baru, kami berharap bisa mengemban amanah dengan memberikan yang terbaik bagi kemajuan Pelindo 1,” kata Imron. (MS5)