Politik

Darma Wijaya-Adlin Tambunan, Bupati dan Wakil Bupati Sergai 2021-2024

mediasumutku.com|SERGAI- Darma Wijaya dan Adlin Umar Yusri Tambunan resmi menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) periode 2021-2024 setelah resmi dilantik oleh Gubernur Sumatera Utara bertempat di Aula Tengku Rizal Nurdin Komplek Rumah Dinas Gubsu, Medan,  Jumat (26/2/2021).

Pelantikan Kepala Daerah tersebut dibagi dalam dua sesi dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat, pada sesi pertama dimulai pukul 08.00 Wib yaitu, Kota Medan, Binjai, Tanjung Balai, Kabupaten Asahan, Sergai dan Humbang Hasundutan.

Sedangkan pada sesi kedua dilaksanakan pukul 14.00 WIB yang diikuti Kota Sibolga, Kabupaten Pakpak Bharat, Labuhan Batu Utara, Tapanuli Selatan dan Toba.

Dalam arahannya, Gubenur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi didampingi Wagubsu, Musa Rajekshah menyampaikan, pelantikan dilakukan secara langsung karena mempertimbangkan kondisi geografis daerah yang dapat mengakibatkan terjadinya gangguan jaringan internet serta mempertimbangkan usulan dari beberapa Kepala Daerah terpilih agar dapat dilantik secara langsung di ibu kota provinsi.

“Saya menginginkan saudara-saudara sekalian dapat segera beradaptasi dengan tugas pokok dan kewenangan yang dimiliki sebagai kepala daerah kabupaten dan kota serta dapat memahami dan membedakan mana kewenangan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota,” sebutnya.

Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan pasal 13 ayat 1 tentang pembagian urusan pemerintahan konkuren antara pemerintah pusat dan daerah provinsi serta daerah kabupaten/kota sebagaimana dimaksud dalam pasal 9 ayat 3 didasarkan pada prinsip akuntabilitas, efisiensi dan eksternalitas serta kepentingan strategis nasional.

“Kita semua dihadapkan pada sebuah tantangan besar, yakni, pandemi covid-19. Oleh karenanya, selalu diingatkan bahwa wabah ini masih belum berakhir, penerapan prokes harus tetap dilaksanakan dan diedukasikan kepada masyarakat.  Jangan sekali-kali kita lengah dan lemah,” ujarnya.

Gubsu juga berpesan, agar kepala daerah yang baru dilantik dapat mengelola anggaran untuk penanganan pandemi ini dengan sebaik-baiknya.

“Setelah kegiatan pelantikan ini kami perintahkan kepada para kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk tidak melakukan acara seperti, pesta dan selamatan yang dapat menimbulkan potensi kerumunan massa dan dapat melahirkan cluster baru penyebaran covid-19,” ungkap Gubsu .



Namun dia mengingatkan, agar kepala daerah tetap menjaga soliditas dan keharmonisan dengan wakilnya. Jika dalam perjalanan kepemimpinan, Bupati dengan Wakil Bupati atau Wali Kota dengan Wakil Wali Kota, menghadapi perbedaan pandangan, menurutnya, hal itu adalah hal yang lumrah sebagai mahkluk yang diberikan akal pikiran oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Kelolalah perbedaan itu sebagai suatu kekuatan untuk saling melengkapi dan menyempurnakan. Rakyat saudara sesungguhnya ingin melihat kebersamaan saudara-saudara sebagai bentuk keteladanan pemimpin mereka,” pungkasnya.

Usai dilantik, Bupati Sergai, Darma Wijaya yang didampingi Wakil Bupati Sergai, Adlin Umar Yusri Tambunan menyampaikan, momen pelantikan ini merupakan kali kedua pelantikan sebagai kepala daerah.

“Jika lima tahun yang lalu menjadi Wakil Bupati, hari ini Allah mengizinkan saya untuk mengemban tugas dan amanah yang lebih berat lagi yakni, menjadi Bupati Sergai. Oleh karenanya, saya memohon kepada seluruh masyarakat Sergai agar sama-sama membantu saya dan wakil bupati, Adlin Tambunan dalam memajukan Kabupaten Sergai yang kita cintai ini,” ungkap Darma Wijaya.

Pelantikan Ketua TP PKK dan Dekranasda

Dihari dan tempat yang sama, usai pelantikan Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota, selanjutnya dilaksanakan pelantikan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) oleh Ketua TP PKK Provinsi, Nawal Edy Rahmayadi kepada Rosmaida Darma Wijaya.

Ketua TP PKK Sergai, Rosmaida Darma Wijaya usai dilantik mengatakan, sebagai seorang istri, tentu ia harus mendukung dan menemani perjalanan karir suami.

“Berkat doa dan dukungan dari keluarga dan rekan seperjuangan menjadi kekuatan bagi kami untuk menjalankan amanah yang dititipkan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa kepada kami. Mohon doa dan dukungan dari masyarakat Sergai,” ujarnya.  (MS6)