Nasional

Desa Sipaku Area Wakili Asahan Ikuti Penilaian Desa Terbaik di Sumut

Asahan – Pemerintah Kabupaten Asahan diwakili oleh Desa Sipaku Area, Kecamatan Simpang Empat mengikuti lomba penilaian desa dan kelurahan terbaik tingkat provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Tim pemilai dari Provinsi Sumatera Utara yang dipimpin Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Drs. Marzuki, dan tim melakukan penilaian di dua tempat tersebut pada Jumat (22/7/2022).

Kehadiran rombongan tim penilai disambut Bupati Asahan yang diwakili asisten pemerintahan dan Kesra Buwono Prawana , bersama Kepala Dinas PMD Asahan Suherman Siregar dan pengurus Tim Penggerak PKK.

Buwono mengatakan beberapa keunggulan yang di miliki Desa Sipaku Area sehingga ditetapkan untuk mengikuti lomba tingkat Sumatera Utara antara lain, keberhasilan dalam melaksanakan PPKM di masa pandemi Covid 19, penerapan sistem pelayanan satu pintu secara luas kepada masyarakat dalam pelayanan publik, dan memperoleh predikat Desa Bersinar (Bersih Narkoba) pada tahun 2020.

“Kemudian, tingkat partisipasi masyarakat dalam pembangunan sangat tinggi yang dibuktikan dengan pembangunan cor beton jalan setapak dan hibah lahan oleh masyarakat,” ujar Buwono.

Dengan keunggulan tersebut, Buwono berharap Desa Sipaku Area , Kecamatan Simpang Empat nantinya menjadi desa terbaik tingkat Sumatera Utara tentunya dengan evaluasi, masukan dan saran dari tim penilai.

Penilaian dilakukan dengan melihat paparan ekpose dari Kepala Desa Sipaku Area Abdul Paya, beserta ekpose dari Ketua TP PKK Desa Sipaku Area dan sekretaris LPM Desa dengan tampilan vidio inovasi dan kegiatan desa.
Selanjutnya tim evaluasi yang dipimpin Drs. Marzuki melakukan penilaian dengan memberi pertanyaan kepada perangkat desa untuk dijadikan nanti sebagai dasar penilaian. (MS10)