Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
PlayPause
previous arrow
next arrow
InternasionalNasionalSumut

Di Desa Bawomataluo, Nias Selatan, Presiden Jokowi Akan Diberi Marga

×

Di Desa Bawomataluo, Nias Selatan, Presiden Jokowi Akan Diberi Marga

Sebarkan artikel ini

Medan, Mediasumutku.com- Sail Nias 2019 akan dilaksanakan pada bulan September 2019. Kegiatan itu direncanakan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekda Provsu) Hj Sabrina kepada para wartawa di Medan, Jumat (9/8/2019), mengungkapkan, Presiden Jokowi akan mendapatkan salah satu marga dari suku Nias. Pemberian marga kepada Presiden Jokowi, kata Sabrina, akan dilakukan di Desa Bawomataluo, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan (Nisel).

Karena itu, kata Sabrina, Dinas Bina Marga Provinsi Sumatera Utara perlu mempersiapkan prasarana di Desa Bawomataluo, Nisel. “”Karena di tempat ini rencananya Presiden Joko Widodo akan mendapat penabalan salah satu marga yang ada di Kabupaten Nias Selatan,”ujarnya.

Baca Juga:   Selamat Datang, Presiden Jokowi. Infrastruktur Sail Nias Sudah 90 Persen

Sabrina menekankan pentingnya kesiapan sarana dan prasarana, terutama kesiapan menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo dan tamu undangan lain, serta pengunjung yang hadir pada kegiatan Sail Nias 2019.

Baca juga: Selamat Datang, Presiden Jokowi. Infrastruktur Sail Nias Sudah 90 Persen

Akan Ada 1000 Tenda untuk Sail Nias 2019

“Mengenai kunjungan Presiden, harus dipersiapkan siapa saja OPD (Organisasi Perangkat Daerah -red) yang terlibat. Selain itu seluruh OPD menyampaikan semua kegiatan sebagai peran dan dukungan. Persiapan rundown acara untuk segera menyingkronkan dengan protokol di pusat, agar tertib acara berjalan semua,” kata Sabrina.

Sabrina menegaskan kembali, seluruh OPD Pemprovsu diminta berperan aktif untuk menyukseskan perhelatan Sail Nias 2019. Sabrina sadar bahwa Pemprovsu bukanlah panitia utama dalam Sail Nias 2019. Namun ia tetap menegaskan bahwa seluruh OPD untuk mengambil peran.

Baca Juga:   Pemprov Sumut Komitmen Selamatkan Keuangan dan Aset Daerah, Serta Tingkatkan PAD

Peran apa yang telah kita siapkan untuk kemeriahaan Sail Nias 2019 itu. Sekecil apa pun harus tertulis dan dilaksanakan dan direkam kegiatan. Masing-masing mengambil peran. Dinas Perhubungan harus segera melaporkan pada saya, pada rapat selanjutnya, bagaimana kesiapan seperti bus dan MCK (mandi, cuci, kakus) untuk pengunjung. Untuk MCK ini, Dinas Tarukim yang ambil peranan. Selain itu untuk Dinas Bina Marga saya mengharapkan kesiapan dalam memperbaiki jalan yang ada 4 kabupaten di Nias,” tegas Sabrina.(MS1/MS1)