Peristiwa

Diduga Korsleting, Sebuah Rumah Warga di Tanjungbalai Terbakar

Asahan – Musibah kebakaran menghanguskan sebuah rumah warga di Jalan Cemara, Kelurahan Sijambi Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara pada Selasa (12/7/2022) malam sekitar pukul 23:00 WIB.

Api terlihat pertama kali dari atap rumah dan diduga akibat korsleting listrik. Melihat hal itu, penghuni rumah dibantu sejumlah warga berupaya memadamkan amukan si jago merah dengan alat seadanya namun api terus membesar. Warga takut, api akan menjalar ke rumah warga yang lain karena lokasi tersebut merupakan daerah padat penduduk.

Namun tak lama, enam unit mobil pemadam kebakaran Pemko Tanjungbalai dengan sigap menjinakkan api yang baru benar-benar padam satu jam kemudian. Ramainya warga yang berkerumun di sekitar menyaksikan peristiwa itu, menyulitkan mobil pemadam kebakaran masuk ke tempat kejadian.

“Begitu dapat laporan tim pemadam langsung ke lokasi menurunkan enam unit mobil pemadam dan api dengan segera kita jinakkan. Yang terbakar tadi hanya satu rumah,” kata Arifin, Kepala Satpol PP, Kota Tanjungbalai dikonfirmasi wartawan di lokasi.

Pihaknya menduga peristiwa tersebut terjadi akibat korsleting listrik karena berdasarkan saksi mata di lokasi menyebutkan api berasal dari atap rumah.

“Api pertama kali diduga berasal dari atap rumah. Kalau kerugian yang diperkirakan ini seratusan juta,” ujarnya.

Di lokasi, seorang wanita yang diduga sebagai pemilik rumah terlihat shock menyaksikan seluruh harta bendanya hangus terbakar. Ia tampak ditenangkan oleh tetangganya.

Sebagian besar musibah kebakaran di rumah memang kerap dipicu oleh korsleting listrik atau hubungan arus pendek. Yang paling lazim terjadi biasanya kondisi pembungkus tembaga, kabel – kabel di atap rumah yang sudah terkelupas dimakan usia atau memang digigit binantang seperti tikus. Hal inilah yang jarang diperhatikan karena keberadaan kabel-kabel itu adanya di atap rumah.

Namun, tanda-tandanya biasanya bisa diketahui dengan lampu rumah yang tidak menyala atau hidup – mati berkali kali. Tercium bau kabel yang terbakar atau stop kontak yang suhunya panas. (MS10)