Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
PlayPause
previous arrow
next arrow
Sumut

Disnaker Sumut Tuntaskan Kegiatan Pemetaan Kebutuhan Pemagangan

×

Disnaker Sumut Tuntaskan Kegiatan Pemetaan Kebutuhan Pemagangan

Sebarkan artikel ini

Medan, mediasumutku.com: Dinas Tenaga Kerja Sumatera Utara (Disnaker Sumut) menuntaskan kegiatan “Pemetaan Kebutuhan Pemagangan” yang diselenggarakan selama tiga hari, Senin-Rabu (22-24/7/2019), di Hotel Grand Kanaya Jalan Darussalam Medan. Kegiatan penutupan yang digelar Rabu pagi itu, dihadiri langsung oleh Kepala Disnaker Sumut Haryanto Butarbutar.

Ketua Panitia Penyelenggara, Gaharuman Harahap, dalam laporannya menyebutkan, kegiatan tersebut dilakukan guna memetakan kebutuhan program pemagangan bagi para pencari kerja yang ada di Sumatera Utara.

“Program pemagangan ini nantinya akan memberikan kesempatan bagi para pencari kerja untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, keahlian, sikap atau perilaku, dan pengalaman di dunia industri dan jasa, sehingga menjadi calon tenaga kerja yang berkompeten dan siap kerja”. kata Gaharum.

Baca Juga:   Dandim 0209 Dampingi Bupati Labuhan Batu dan Forkopimda Buka MTQH Ke-49 dan FSQ Ke-34 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2020

Kegiatan itu diikuti oleh 50 orang yang berasal dari dinas yang membidangi ketenagakerjaan di Kabupaten dan kota di Sumut sebanyak 22 orang, utusan sejumlah perusahaan sebanyak 15 orang.

Lalu, dari APINDO (Asosiasi Pengusaha Indonesia)  Sumut dua orang, KADIN (Kamar Dagang dan Industri) Sumut satu orang, Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan sebanyak lima orang, HR Community Sumut dua orang, dan Gerakan Nasional Indonesia Kompeten sebanyak dua orang.

Sementara itu Hasustan Kosim dari Innovam saat menyampaikan pidato mengungkapkan harapan agar di masa depan pelatihan dan pemagangan yang dilakukan Disnaker Sumut kembali diadakan di masa depan.

Ia memuji kegiatan itu yang dan menilainya sebagai bukti konsistensi Disnaker Sumut akan peningkatan kualitas tenaga kerja berusia muda asal Sumut.

Baca Juga:   Gubernur Edy Rahmayadi Lantik 20 Pejabat Administrator dan Pengawas

Ia berharap semoga para peserta pelatihan, baik untuk kegiatan tersebut maupun kegiatan pemagangan lainnya di masa depan, menjadi karakter yang kompetitif, tersertifikasi. Ia berharap seluruh peserta pemagangan dan perusahaan penerima pemagangan bersatu agar di masa depan kegaiatan seperti ini.bisa lebih dahsyat lagi.

Sebagai informasi, Innovam adalah sebuah lembaga swasta yang concern dan banyak memberikan kesempatan pemaganfan bagi generasi muda di Sumatera Utara dan Provinsi Aceh

Kepala Disnaker Sumut Haryanto Butarbutar saat menutup acara itu mengungkapkan, dalam waktu yang tak lama lagi, akan ada pelatihan untuk 200 mentor agar menjadi mentor pemagangan yang handal di perusahaan-perusahaan dan di dinas-dinas yang membidangi ketenagakerjaan di kabupaten dan kota di Sumut.(hh)

Baca Juga:   PW NU Sumut Berbagi Ribuan Paket Daging Kurban