Ekonomi Headline Peristiwa Sumut

DPRD Dampingi Bupati Humbahas bersama Forkopimda Serahkan BLT di Kec. Baktiraja

Mediasumutku.com | Humbahas — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Humbahas akan selalu mengawasi seluruh kebijakan Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Humbahas dan tidak ada salahnya kita saling mengingatkan dalam kebaikan masyarakat.

Demikian yang dikatakan Ketua DPRD Humbang Hasundutan, Ramses Lumbangaol, SH saat mendampingi Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor, SE bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Humbang Hasundutan atau Humbahas menyerahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari dana APBDesa di Aula Kantor Camat Baktiraja, Senin (18/5/2020).

Menurut Ramses Lumbangaol, SH bahwa
Dana Desa bisa digunakan bila Bantuan Langsung Tunai (BLT) masih kurang supaya seluruh masyarakat yang layak menerima bisa mendapatkan. Akan tetapi kami ingatkan jangan ada yang tumpang tindih.

Penyerahan BLT ini untuk selanjutnya akan diserahkan masing-masing Kepala Desa dengan besaran Rp. 600.000,- per KK untuk bulan 3 bulan, yaitu April, Mei dan Juni.

Hadir pada penyerahan secara simbolis ini, Pabung Humbang Hasundutan Mayor Wasno, Sekretaris Daerah Humbang Hasundutan Drs. Tonny Sihombing, MIP, para Staf Ahli dan Asisten, Pimpinan OPD, Camat Baktiraja Astri Simanullang, SSTP, MM serta Kades se-Kecamatan Baktiraja.

Bupati Humbang Hasundutan dalam sambutannya menyampaikan agar masyarakat tetap beraktifitas sebagaimana biasa, karena di daerah kita secara umum adalah masyarakat petani. Akan tetapi dalam melakukan kegiatan sehari-hari tetap mengikuti protokol kesehatan seperti jaga jarak aman atau ‘sosial distancing’, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan pakai masker jika keluar rumah.

‘Dalam menyerahkan BLT ini saya mengingatkan Kepala Desa dan perangkatnya agar dilaksanakan secara transparan, tepat sasaran dan tidak tumpang tindih. Inilah peran dari perangkat desa untuk mendata dan memperhatikan agar tidak terjadi tumpang tindih dalam mendata.’ Himbaunya.

Pada kesempatan yang sama Ketua DPRD Humbang Hasundutan, Ramses Lumbangaol, SH mengatakan sebagai DPRD yang mengawasi seluruh kebijakan Pemkab Humbahas kita tidak ada salahnya saling mengingatkan. Dana Desa bisa digunakan kalau BLT masih kurang supaya seluruh masyarakat yang layak menerima bisa mendapatkan. Akan tetapi kami ingatkan jangan ada yang tumpang tindih.

Ramses juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE dalam melaksanakan lobbynya ke Pemerintah Pusat untuk memperoleh Bantuan Sosial dalam mengurangi dampak ekonomi karena covid-19.

Sementara itu, Kapolres Humbang Hasundutan, AKBP Rudi Hartono, SIK., MM menghimbau kalau pun di sana sini ada kekurangan, dibutuhkan ada kejujuran sehingga jika ada masyarakat menerima ‘double’ diharap untuk dikembalikan. Kalaupun ada masyarakat tidak terdata yang layak menerima, silahkan melaporkan kepada Kepala Desa.

“Kami dari pihak Polres sudah menghimbau kepada Polsek serta jajaran, untuk membuka layanan pengaduan masyarakat terkait masalah apabila adanya laporan masyarakat merasa belum di data atau belum mendapatkan,” pungkasnya.