Medan

Dukung Pembentukan Anak Berkualitas, Kahiyang Ayu Bantu Perlengkapan Sekolah 200 Anak PAUD

MEDAN-Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Medan Ny Kahiyang Ayu M Bobby Afif Nasution memberikan bantuan peralatan sekolah kepada 200 orang anak PAUD di Gedung TP PKK Kota Medan Jalan Rotan Medan, Selasa (20/12/2022). Diharapkan, bantuan yang diberikan dapat membantu dalam membentuk anak berkualitas.

“Saya berharap melalui bantuan yang diberikan ini mendukung pembentukan anak berkualitas yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya, sehingga memiliki kesiapan yang optimal dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan dewasanya kelak,” kata Kahiyang Ayu.

Diungkapkan Kahiyang Ayu yang hadir didampingi anaknya, Sedah Mirah Nasution dan Penembahan Al Nahyan Nasution, pemberian bantuan peralatan sekolah ini merupakan salah satu program Bunda PAUD Kota Medan. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mendukung hadirnya layanan PAUD yang berkualitas.

Dalam penyerahan bantuan yang turut dihadiri Ketua Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOPTKI) Kota Medan Ny Ismiralda Wiriya Alrahman, Ketua Pokja Bunda PAUD Kota Medan Ny Asmalita Zulkarnain Lubis serta pengurus Pokja Bunda PAUD Kota Medan, Ny Kahiyang Ayu selanjutnya mengungkapkan, PAUD merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah.

Keluarga, jelas Kahiyang Ayu, merupakan pendidik pertama dan utama sekaligus  sebagai basis pendidikan moral dan agama pelestari nilai-nilai luhur. Sedangkan masyarakat, imbuhnya, menyelenggarakan jasa layanan PAUD bagi yang membutuhkan. Kemudian, membentuk organisasi profesi atau forum komunikasi sebagai saluran aspirasi dan berpartisipasi aktif dalam PAUD melalui dukungan dana, sarana dan prasarana, tenaga dan setidaknya pemikiran.

Menyikapi pentingnya PAUD, ungkap Ny Kahiyang Ayu, pemerintah terus menerus mendorong kesadaran dan partisipasi seluruh masyarakat untuk menghadirkan layanan PAUD berkualitas yang membutuhkan hubungan semua pihak, salah satunya yang sangat penting adalah hubungan dan peran Bunda PAUD dalam tingkat kota sampai kecamatan hingga kelurahan sebagai penggerak gerakan nasional.

“Peran Bunda PAUD adalah sebagai simbol sekaligus mitra utama dalam Gerakan Nasional PAUD. Sebagai figur ibu yang merupakan tokoh sentral di setiap jenjang pemerintahan, keberadaan Bunda PAUD dapat memotivasi masyarakat dan pemangku kepentingan,” paparnya.

Di kesempatan itu, Kahiyang Ayu juga sempat memberikan sejumlah pertanyaan kepada anak-anak PAUD, bagi yang beruntung mendapatkan sepeda. Selain anak PAUD, juga memberikan pertanyaan kepada guru-guru PAUD dari Kecamatan Medan Belawan, Labuhan dan Marelan. Yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar, Kahiyang Ayu memberikan hadiah uang tunai Rp.1 juta.

Terakhir, Kahiyang Ayu menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Pokja PAUD Kota Medan serta semua pihak yang telah memberikan dukungan sehingga kegiatan pemberian bantuan kepada anak PAUD berjalan dengan lancar. “Atas dukungan dan kolaborasinya, saya ucapkan terima kasih,” pungkasnya. (MS7)