Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
PlayPause
previous arrow
next arrow
HeadlineSumut

Edy Rahmayadi Jadi Irup di Hari Kemerdekaan ke-74 RI

×

Edy Rahmayadi Jadi Irup di Hari Kemerdekaan ke-74 RI

Sebarkan artikel ini

Medan, Mediasumutku.com – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menjadi Inspektur Upacara (Irup) di detik-detik peringatan Dirgahayu Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia, yang berlangsung di Lapangan Merdeka Medan, Sabtu (17/8/2019). Gubsu Edy Rahmayadi didampingi Ketua TP PKK Sumatera Utara Nawal Edy Rahmayadi, Wagubsu Musa Rajekshah dan Wakil Ketua TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari.

Terlihat hadir dalam momen peringatan Hari Kemerdekaan ke 74 RI ini antara lain, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah, Kabinda Sumut, Ketua DPRD Sumut beserta Wakil Ketua DPRD Sumut, Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Walikota Medan, Wakil Walikota Medan,

Tidak hanya itu, antusias warga Kota Medan dan sekitarnya juga terlihat memadati lapangan Merdeka Medan sejak pukul 08.00 WIB. Kehadiran warga ini sekaligus ingin mengajarkan anak-anak mereka untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

Baca Juga:   8 Orang Paskibraka 2020 Tingkat Provinsi Sumut Dikukuhkan

Baca juga: Gubsu Bangga Kini jadi Irup HUT ke-74 RI, Dulu Hanya Menjadi Komandan

Tampak semua yang hadir terlihat khusyuk mendengarkan Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dibacakan Ketua DPRD Sumatera Utara Wagirin Arman.

Usai mendengarkan pembacaan Teks Kemerdekaan, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pun mulai bergerak dari barisannya untuk menerima bendera Merah Putih dari Gubernur Sumatera Utara yang bertindak sebagai Irup, kepada  pembawa baki Paskibraka Nur Agita Sinaga siswi asal SMAN 1 Kota Tebing Tinggi.

Sang saka merah putih pun akhirnya dikibarkan dengan diiringi lagu Indonesia raya, setelah kembali ke tempat semula, Paskibraka yang berhasil mengibarkan bendera merah putih dengan baik dan sempurna langsung mendapat tepuk tangan meriah dari masyarakat yang hadir pertanda kagum.

Baca Juga:   Anggota PP Sergei Jangan Saling Cemo'oh di Media Sosial

Upacara memperingati Kemerdekaan RI ini ditutup dengan persembahan lagu kebangsaan dan puisi yang diiringi lantunan alat musik biola oleh tiga orang pelajar putri. Sebagai bentuk penghargaan kepada ketiga pelajar tersebut, Gubsu Edy Rahmayadi pun memberikan masing-masing setangkai bunga Mawar kepada ketiga pelajar tersebut.

Selain itu, ratusan prajurit TNI Kodam I Bukit Barisan bersama personil Polda Sumut turut mempersembahkan tarian kolosal “Bukit Barisan”.

Gubsu Edy Rahmayadi, Wagubsu Musa Rajekshah, Ketua DPRD Sumut Forkopimda yang hadir bersama Walikota Medan, Wakil Walikota Medan, pun turut ikut dalam tarian ini.

Antusias warga yang hadir berbondong-bondong mengejar Gubernur Sumut dan Wagub untuk berswafoto. Edy Rahmayadi bersama Musa Rajekshah pun menyanggupi permintaan masyarakat untuk foto bersama.(MS2/cr1)

Baca Juga:   Ajar Dan Bayinya Mengadu ke DPRD Deliserdang