Berita Sumut Headline Sumut

Edy Rahmayadi Minta Pejabat Mampu Beradaptasi di Setiap Zaman

MEDAN – Para pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman yang sangat cepat, sehingga bisa menjawab berbagai tantangan zaman. Apalagi para pejabat merupakan pelayan publik yang harus siap menjawab permasalahan masyarakat.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumut Alwi Mujahit pada penutupan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) angkatan 5, 6 dan 7, serta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) angkatan 5 dan 6 tahun 2022 di Aula BPSDM Sumut, Jalan Ngalengko, Medan, Kamis (29/12/2022).

“Perkembangan zaman yang bergerak cepat atau dinamis, menuntut birokrasi ikut menyesuaikan, oleh sebab itu dibutuhkan pemimpin yang mampu beradaptasi dalam perubahan, serta mampu dan tanggung melintasi situasi dan kondisi,” ujarnya.

Selain itu, katanya, Pelatihan PKA dan PKP merupakan kegiatan strategis bagi para pejabat struktural yang duduk dalam jabatannya. PKA dan PKP diharapkan menghasilkan aksi perubahan dari masing-masing peserta.

Aksi perubahan, menurutnya, betujuan untuk meningkatkan kinerja organisasi masing-masing peserta. Karena itu, para peserta diharapkan dapat mengimplementasikan aksi perubahan yang telah disampaikan peserta untuk syarat kelulusan.

“Melalui PKA dan PKP ini, para peserta diharapkan dapat menuangkan dan mengimplementasikan aksi perubahan saudara di unit kerja masing-masing, sehingga dapat meningkatkan kinerja organisasi dan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

PKA dan PKP ini diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Sumut. Gubernur mengharapkan para kepala daerah agar dapat memanfaatkan aksi perubahan para peserta yang merupakan pejabat administrator dan pengawas di daerah.

“Aksi perubahan sebaiknya didukung untuk peningkatan kinerja di unit kerja masing-masing, aksi perubahan juga merupakan inovasi yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung visi misi kepala daerah,” kata Edy.

Disampaikan juga, para peserta diharapkan terus menciptakan ide baru. Sehingga mampu menjadi pejabat yang unggul, panutan, dan pelayan publik yang BerAkhlak, yang bangga melayani bangsa.

Kabid Pengembangan Komptenesi Manajerial BPSDM Sumut Tomy Harahap mengatakan, PKA dan PKP telah dilaksanakan mulai 5 September hingga 29 Desember 2022. Peserta berjumlah 196 orang yang berasal dari berbagai daerah di Sumut dan ada juga dari Pemko Dumai, Provinsi Riau.