Headline Nasional Teknologi

FIFGROUP Lanjutkan Tanam 33.000 Pohon di Lombok

LOMBOK-Lukisan alam yang terbentang nyata di hadapan tatapan mata setiap insan yang berdiri di tanah Sembalun, Lombok, membuat hati berdegup kencang seraya bersyukur atas keindahan ciptaan Tuhan. Disinilah FIFGROUP melanjutkan rangkaian penanaman 33.000 pohon.

Lekukan naik turun gunung dan bukit serta hamparan sawah berbagai warna gradasi hijau, kuning, dan coklat semakin melengkapi pemandangan Desa Sembalun Lawang, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, yang menjadi tujuan PT Federal International Finance (FIFGROUP) melaksanakan kegiatan Hijaukan Bumi dalam rangka Kemilau HUT ke-33 tahun FIFGROUP, dengan menanam 1.000 pohon.

Jenis pohon yang ditanam adalah pohon Ketapang Kencana, Mahoni, Kayu Putih, dan Kepundung yang berasal dari pembibitan jari-jari mungil siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian (SMK Pertanian). Ada dua SMK yang ikut terlibat dalam rangka kegiatan positif ini, yaitu SMK Pertanian Sakra dan SMK Pertanian Kotaraja.

“Sebanyak 1.000 pohon yang kami tanam hari ini diharapkan bisa tumbuh subur dan rindang sehingga dapat menjaga kelestarian dan menambah keindahan alam daerah ini,” tutur Human Capital, General Support, and Corporate Communication Director FIFGROUP, Esther Sri Harjati, usai secara simbolis menanam pohon di Sembalun Lawang pada Rabu, 06 Juli 2022. Turut mendampingi Esther, Chief of Corporate Communication and Corporate Social Responsibility (CSR) FIFGROUP, Yulian Warman; Nusa Tenggara Area Department Head FIFGROUP, Yudha Satria; dan Branch Head FIFGROUP Cabang Selong, Teddy Hermawan, dalam siaran persnya, Rabu (6/7/2022).

“Kegiatan tanam pohon ini dilakukan sebagai upaya FIFGROUP dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 13 tentang climate action (penanganan perubahan cuaca) dan nomor 15 tentang life on land (menjaga ekosistem darat), serta mengacu kepada Environmental, Social & Governance (ESG) nomor 5 yaitu biodiversity,” kata Esther.


Pada kesempatan yang sama, Yulian juga mengatakan bahwa perseroan terus berkomitmen dan berupaya menggelar aneka kegiatan yang bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat, sejalan dengan misi perusahaan yaitu “Memberikan Kehidupan yang Lebih Baik untuk Masyarakat”.

Kegiatan tanam pohon ini tersebar di seluruh Indonesia di mana secara khusus FIFGROUP bekerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian, Dinas kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup, Kepolisian Sektor (Polsek), Batalyon TNI dan pemerintah daerah di masing-masing titik lokasi tanam pohon.

Turut hadir dalam kegiatan itu Kepala Kesatuan Pengelola Hutan Rinjani Timur, Mustara Hadi S.Hut, Ms.i; Camat Sembalun, Serkapudin S.Sos, MM.; Wakil Kepala Sekolah SMKN 1 Sakra, Syawalul Fitri SP., M.Pd.; Kepala Sekolah SMKN Pertanian Kotaraja, Salman ST. M.Pd.; serta Kepala Resort Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Taufikurahman.

Program FIFGROUP Hijaukan Bumi berkolaborasi dengan seluruh pihak yang berada pada jangkauan jaringan perusahaan di 243 cabang FIFGROUP di seluruh Indonesia. FIFGROUP mencanangkan program penanaman pohon total sebanyak 33.000 bibit pohon di sejumlah titik di Indonesia sepanjang tahun 2022.

Hingga akhir Juni 2022, total pohon yang sudah ditanam adalah sebanyak 15.375 buah. Pada tahap pertama, yaitu pada Januari 2022, telah ditanam sebanyak 3.300 pohon, berlokasi di Jatiuwung, Tangerang, Banten. Kemudian di tahap kedua, pada bulan Februari 2022, ditanam 3.300 bibit pohon di sejumlah titik lokasi, salah satunya adalah di kawasan Mandalika, Lombok Barat. Adapun pada tahap ketiga, yaitu bulan Maret 2022, telah ditanam sebanyak 3.925 bibit pohon di delapan titik lokasi, salah satunya di Dukuh Kepuhsari Desa Katongan Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul. Kemudian, di tahap keempat, pada bulan Mei 2022, telah ditanam 3.750 pohon di tujuh lokasi, salah satunya Kelurahan Lanna, Parangloe, Gowa. Dan di titik lainnya telah ditanam 1.100 pohon.

Seluruh acara dilaksanakan secara offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah daerah dan pusat.

Sebelumnya, pada tahun 2021, FIFGROUP telah menanam 8.498 pohon di 62 titik penanaman. Dari jumlah itu, 4.500 bibit pohon di antaranya adalah penanaman jenis pohon endemik yang dilakukan serentak di 55 titik di seluruh wilayah di Indonesia dan 3.998 bibit pohon lainnya adalah jenis pohon-pohon langka.

Kegiatan itu mendapatkan penghargaan Museum MURI sebagai “Penanaman Pohon Sejenis Serentak di Lokasi Terbanyak (Pohon Ketapang)”. Dan dalam kurun waktu satu dasawarsa, yakni mulai tahun 2011 hingga Mei 2021, FIFGROUP sudah menanam sebanyak 80.564 pohon dan akan mencapai lebih dari 113.000 pohon pada akhir tahun 2022. FIFGROUP berupaya untuk dapat terus berkontribusi secara berkesinambungan dalam menjaga dan memelihara alam serta lingkungan.

Tanam dan Jaga Tumbuh Kembangnya

“Kami sangat berterima kasih kepada FIFGROUP atas kerja sama yang terjalin sehingga siswa-siswi bisa ikut praktek pembibitan dalam program Hijaukan Bumi. Semoga hal positif ini dapat terus kita lakukan bersama di tahun-tahun selanjutnya,” kata Wakil Kepala Sekolah SMKN 1 Sakra, Syawalul Fitri SP, M.Pd.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Sekolah SMKN Pertanian Kotaraja, Salman ST. M.Pd.

“Kegiatan ini merupakan hal yang memiliki dampak positif. Selain melestarikan lingkungan hidup, siswa-siswi di SMP Pertanian Kotaraja juga dapat ikut berkontribusi dalam pembibitan pohon. Terima kasih kepada FIFGROUP atas kerja sama ini. Semoga FIFGROUP terus maju dan selalu jaya,” katanya.