Pendidikan

Gebyar Bulan Bahasa, Mahasiswa FKIP UNA Gelar Berbagai Kegiatan

Asahan – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Asahan (FKIP UNA) memperingati gebyar bulan bahasa Indonesia dengan menggelar aneka perlombaan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Momen Bulan Bahasa yang biasa diperingati setiap bulan Oktober dipandang mampu mempererat nasionalisme bangsa.

Pelaksana kegiatan digelar oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HMPS DIKHASATRIA) dengan mengusung tema “Bangkit bersama membina mental pemuda bangsa Bahasa Indonesia”.

Acara tersebut dilaksanakan selama dua hari yakni Kamis -jumat tanggal 27-28 oktober 2022, di Aula FKIP UNA yang dalam kesempatan itu terselenggara berbagai perlombaan diantaranya Lomba Cipta Baca puisi, Musikalisasi Puisi, Debat Bahasa, dan Pidato dimana peserta berasal dari mahasiswa dan pelajar SMA di Asahan.

Pada kesempatan ini Mahasiswa mempersembahkan Tarian daerah dan juga membacakan puisi sekaligus mengikhrarkan sumpah pemuda.

“Kegiatan ini merupakan langkah awal bagi prodi Bahasa dan Sastra untuk menjadi pelopor dalam rangka menginternasionalisasikan Bahasa Indonesia di dunia internasional” ujar M.Iqbal nasution (Ketua HMPS DIKHASATRIA).

Sementara itu, Dekan FKIP UNA Drs. Dailami, M.Pd yang membuka acara tersebut menjelaskan Bulan Bahasa dapat menumbuhkan rasa cinta mahasiswa terhadap Bahasa dan sastra Indonesia. Dia berharap panggung kreativitas mahasiswa ini akan semakin sering digelar sebagai wadah pecinta bahasa dalam berunjuk kemampuan.

“Setiap tahun akan terlaksana. Melalui kegiatan ini nanti akan muncul dan tumbuh inovasi dan kreativitas mahasiswa yang punya kemampuan bahasa sastra yang baik,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Ir. Ansoruddin Harahap, M.P mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan HMPS DIKHASATRIA, selain menambah wawasan keilmuan dibidang kebahasaan, kesatuan dan kebudayaan sekaligus sebagai momentum dalam meningkatkan komitmen untuk menggunakan bahasa yang baik dan benar.

Lanjutnya, kegiatan semacam ini diyakini mampu mempersatukan berbagai perbedaan yang ada di kalangan generasi muda. Dia juga berpesan kepada semua generasi penurus bangsa agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

Kemudian, Ketua Pengurus Yayasan Universitas Asahan memberikan arahan bahwa sebagai Warga Negara Indonesia, kita jangan sampai merasa asing dengan Bahasa Indonesia namun mari kita jadikan Bahasa Indonesia Menjadi Tuan Rumah di Negeri kita dan mendukung program pemerintah untuk menjadikan Bahasa Indonesia menjadi salah satu Bahasa PBB.” tuturnya.

Pada acara puncak kegiatan Gebyar HMPS DIKHASATRIA Melaksanakan pagelaran Seni dan sastra yang di hadiri oleh siswa, mahasiswa, dosen, dekan FKIP , Rektor UNA dan Ketua Yayasan UNA. (MS10)