Medan

GMNI Sumut Diajak Kolaborasi Tangani Sampah

MEDAN-Walikota Medan Bobby Nasution mengajak Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Sumut berkolaborasi bersama Pemerintah Kota Medan mewujudkan lima program prioritas, khususnya dalam penanganan sampah di Kota Medan. Setiap harinya sebanyak 2.000 ton dibawa ke TPA Terjun,  dimana 25 persen  telah berhasil diolah Pemko Medan menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Untuk mengurangi jumlah sampah tersebut, tentunya Pemko Medan tidak bisa bekerja dengan sendiri, perlunya dukungan dari seluruh, pihak termasuk GMNI Sumut. Kami berharap GMNI  bersama Pemko Medan turun langsung untuk mengedukasi siswa-siswa dalam mengurangi limbah sampah. Selain itu, bagaimana sampah ini harus diolah supaya tidak menjadi limbah melainkan menghasilkan uang,” kata Bobby Nasution saat menerima Audiensi GMNI Sumut di Balai Kota, Selasa (15/2/2022).

Didampingi Kepala Balitbang Kota Medan Irwan Ritonga dan Kadis Pendidikan Laksamana Putra Siregar, Bobby Nasution akan mengupayakan hadir dalam acara Konsolidasi Nasional (Konas) GMNI Sumut tersebut. Sebab, ia di hari yang sama ada agenda di luar kota.

Sebelumnya, Ketua Umum DPD GMNI Sumut Daniel Sigalingging menyampaikan, maksud kedatangan mereka untuk mengundang Wali Kota hadir di acara Konas GMNI Sumut, Sabtu (19/2). Selain meminta hadir, kata Daniel, mereka pun berharap agar Walikota dapat menjadi pembicara bersama Bupati Tapanuli Tengah dalam Seminar Konas.

“Acara berlangsung selama empat hari dan  menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Kami memohon agar Pak  Wali Kota dapat hadir dalam acara tersebut. Sebab, Pak Wali  merupakan sosok yang luar biasa sehingga membuat Kota Medan mengalami perubahan yang sangat signifikan dan maju secara on the track,” kata Daniel.

Selain itu Daniel juga menyampaikan dukungannya kepada Pemko Medan, khususnya Wali Kota dalam membangun Kota Medan.

“Kami mengapresiasi dan selalu mensupport pak walikota. GMNI Sumut siap membantu Pak Wali  menjalankan program-programnya. Kami harap GMNI Sumut dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemko Medan. Apalagi, terkait tentang penanganan sampah, kami siap berkoordinasi dengan kelurahan dan kecamatan secara langsung,” ungkap Daniel. (MS7)