Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
PlayPause
previous arrow
next arrow
HeadlineSumut

Gubsu, Wagubsu Hadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Medan

×

Gubsu, Wagubsu Hadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Medan

Sebarkan artikel ini

Medan, Mediasumutku.com – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi bersama Wakil Gubernur Musa Rajekshah menghadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci untuk memperingati Hari Kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia, yang dilaksanakan pada pukul.00.00 WIB, Sabtu (17/8/2019) di Taman Makam Pahlawan (TMP), Jalan Sisingamangaraja Medan.

Gubsu hadir bersama Wagubsu 30 menit sebelum Apel Kehormatan dan Renungan Suci berlangsung. Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah terlihat sempat berbincang-bincang dengan Laksmana Pertama TNI Abdul Rasyid Kacong serta kalangan pejabat dari unsur TNI, Polri serta Kepala OPD dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang ikut dalam Apel Kehormatan dan Renungan Suci.

Hingga tepat pada pukul 23.50 WIB, Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid yang bertindak sebagai Inspektur Upacara berjalan memasuki TMP untuk memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci. Lalu diikuti Gubsu bersama Wagubsu serta para pejabat peserta Apel Kehormatan dan Renungan Suci berjalan menuju lapangan Taman Makam Pahlawan.

Baca Juga:   Edy Rahmayadi Minta Perhatian DPR RI untuk Jalan dan Bendungan di Sumut

Acara ini berlangsung penuh hikmat dan keteduhan, yang diawali dengan prosesi penghormatan terhadap arwah para pahlawan yang ditandai dengan penyalaan obor di tugu TMP Medan.

Dalam pembacaan teks Apel Kehormatan dan Renungan Suci tepat pada pukul 00.00 WIB, Inspektur Upacara Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid Kacong menyebutkan secara rinci jumlah para pahlawan yang telah gugur dan dimakamkan di TMP Medan. Masing-masing TNI berjumlah 3989 orang, Polri 529 orang, Pegawai Sipil 369 orang, pejuang rakyat 258 orang , serta pahlawan tak dikenal sebanyak 130 orang.

“Menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan Negara dan Bangsa. Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga,” ucap Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid.

Baca Juga:   Kejati Sumut Tahap II Berkas Perkara 3 Tersangka Dugaan Korupsi Jembatan Sicanang Belawan

Di akhir teks, Inspektur Upara Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid juga memanjatkan doa terhadap para pahlawan. “Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sewajarnya,” tandasnya.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini berlangsung singkat, sekira pukul.00.08 Inspektur Upacara langsung meninggalkan tempat, dan disusul Gubernur Sumut dan Wagubsu serta peserta apel lainnya.

Usai melaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci, Gubsu dan Wagubsu bersalaman dengan para peserta apel. Setelah memberikan penghormatan kepada para pahlawan, Edy langsung beranjak meninggal halaman TMP Medan sambil bersalaman dengan warga yang hadir dan langsung menuju ke mobil dinas BK 1 dan meninggalkan TMP. (MS2/MS2)

Baca Juga:   Gubernur Edy Rahmayadi dan DPRD Sumut Tandatangani Keputusan Bersama Ranperda P-APBD 2023