Ekonomi

Hari Ini, Bursa Saham Asia Lanjutkan Penguatan

mediasumutku.com | JAKARTA – Perdagangan Selasa (29/10/2019) pukul 8.47 WIB bursa saham Asia masih melanjutkan kenaikan indeks Nikkei 225 naik 0,52%. Hang Seng menguat 0,14% pagi ini.

Taiex menguat 0,40%. Kospi naik tipis 0,09%. Sedangkan Straits Times menguat 1,04%. Indeks Shanghai justru turun 0,27% pada hari ini.

Kemarin, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan bahwa dia siap menandatangani kesepakatan dagang dengan China lebih awal daripada jadwal. Sementara US Trade Representative mengatakan akan meninjau penundaan tarif impor atas US$ 34 miliar barang dari China yang berakhir 28 Desember tahun ini.

“Pasar keuangan menginterpretasikan kemajuan ini sebagai sinyal positif bahwa AS akan menunda pengenaan tarif pada US$ 160 miliar impor dari China yang akan berlaku Desember mendatang,” kata Rodrigo Catril, senior FX strategist National Australia Bank kepada Reuters.

Tapi, Catril mengingatkan bahwa asumsi ini bisa runtuh jika kedua pihak tidak menemukan kompromi.

Selain kabar negosiasi dagang, pasar keuangan pun mencermati rapat Federal Open Market Committee yang dimulai hari ini hingga besok. “Beberapa partisipan The Fed mungkin melihat pemangkasan Oktober akan menjadi pemangkasan terakhir,” kata Michelle Girard, chief US economist NatWest Markets dalam laporan yang dikutip Reuters.

Tapi, Girard melihat ada potensi penurunan data ekonomi AS dalam beberapa bulan mendatang yang memaksa The Fed melanjutkan pelonggaran. Dia memperkirakan, Fed Fund Rate akan turun menjadi 0,75%-1% pada pertengahan 2020 dari posisi sekarang 1,75%-2%