Ekonomi

Hari Ini, IHSG Ditutup Turun

mediasumutku.com | MEDAN – Indeks harga saham gabungan (IHSG) mengalami pelemahan selama sesi perdagangan hari ini, Rabu (6/11/2019). IHSG sejak dibuka hingga ditutup diperdagangkan di teritori negatif.

“IHSG ditutup melemah di level 6.217,54 atau melemah sebesar 0,74%. Kinerja IHSG memburuk seiring dengan memburuknya sejumlah sentiment, serta aksi profit taking yang melanda pasar saham,” ungkap pengamat ekonomi, Gunawan Benjamin.

Menurut dia, Dalam konteks seperti ini, pelaku pasar sepertinya tidak mau berlama-lama memanfaatkan momentum penguatan setelah IHSG diperdagangkan terkoreksi sebelumnya. Pelaku pasar lebih memilih berinvestasi jangka pendek dan tidak membenamkan investasinya untuk waktu yang lama.

“Saya melihatnya, pelaku pasar cenderung melakukan jual beli dalam waktu yang pendek, hingga nantinya ada sentiment fundamental yang benar-benar mampu menjadi penopang pasar. Disaat itu, saya menilai pelaku pasar baru akan mempertimbangkan investasinya untuk tenor yang lebih lama,” kata Gunawan.

Sementara itu, tambah dia, mata uang rupiah kembali melemah dan diperdagangkan dikisaran 14.022 per US Dollar.[wiwin]