Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
PlayPause
previous arrow
next arrow
HeadlineNasional

Hari Pahlawan 2019, Ma’ruf Dampingi Jokowi Pimpin Upacara dan Ziarah Nasional

×

Hari Pahlawan 2019, Ma’ruf Dampingi Jokowi Pimpin Upacara dan Ziarah Nasional

Sebarkan artikel ini

mediasumutku.com | JAKARTA – Dalam memperingati Hari Pahlawan dan Ziarah Nasional 2019 digelar di TMP Kalibata, Jakarta Selatan. Kegiatan ini dipimpin langsung Presiden Joko Widodo sebagai inspektur upacara. Sementara Wakil Presiden Ma’ruf Amin turut mendampingi.

Terlihat Jokowi dan Ma’ruf Amin tampil kompak di acara peringatan Hari Pahlawan ini. Keduanya hadir di TMP Kalibata secara bersamaan sekira pukul 08.00 WIB, Minggu (10/11/2019).

Jokowi dan KH Ma’ruf terlihat sama-sama mengenakan jas hitam lengkap dengan kopiah dan dasi berwarna merah.

Setelah tiba di lokasi upacara, Kepala Negara langsung memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan 2019. Ia kemudian menerima laporan dari komandan upacara.

Dilanjutkan sesi mengenang peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Kota Surabaya, Jawa Timur. Lalu dibunyikanlah sirine peringatan selama 60 detik.

Baca Juga:   Presiden Ingatkan Menterinya, Kali Ini Lebih Keras

Berikutnya Jokowi memimpin peserta upacara untuk mengheningkan cipta. “Mengenang jasa-jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai,” ucapnya.

Acara dilanjutkan penyematan karangan bunga, pembacaan doa oleh Menteri Agama Fachrul Razi, dan menaburkan bunga-bunga di makam para pahlawan nasional.

Turut hadir dalam upacara Hari Pahlawan 2019 di TMP Kalibata di antaranya Kapolri Jenderal Idham Azis, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Kepala BNPB Doni Monardo.