Pendidikan

HMJ UNA Gelar Dialog Potensi Ekonomi Lokal

ASAHAN – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan menggelar dialog publik dengan mengali potensi ekonomi lokal dalam mewujudkan Asahan maju, Kamis (31/3/2022).

Kegiatan tersebut mengundang narasumber dari Badan Perencanaan Pembangunan Asahan (Bappeda) dan Badan Pusat Statistik (BPS) beserta pihak rektorat kampus Universitas Asahan.

Wakil Rektor III Universitas Asahan, Anshoruddin mengapresiasi keinginan mahasiswa dengan menggelar dialog publik dalam rangka memperluas pengetahuan dan mengakselerasikan program Universitas Asahan dalam mendongkrak perekonomian.

“Saya bangga lihat panitia dari unsur mahasiswa yang semangat dalam mendongkrak ekonomi Asahan seperti melakukan dialog publik seperti ini dan ini merupakan potensi konsep pembangunan di Asahan,” kata Wakil Rektor UNA dalam sambutannya.

Denada dengan pihak Bappeda Pemkab Asahan yang menjadi narasumber diwakili oleh Bidang Ekonomi, Irfan.

Ia mengatakan bahwa Pemkab Asahan memiliki beberapa program ekonomi unggul di Asahan salah satu penggalian potensi wisata dimana itu juga meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Ketika ekonomi rakyat meningkat maka jauh angka kemiskinan di Asahan,” bebernya.

Namun berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), bahwa Asahan memiliki angka kemiskinan tertinggi sehingga memiliki ekonomi rendah berdasarkan indikator Produk Domestik Regional Bruto (PRDB).

“Itu berdasarkan prolehan dari indikator dari BPS” cetus Minda perwakilan dari BPS Asahan.

Kegiatan dialog tersebut berjalan lancar sehingga sesi tanya jawab dilakukan oleh mahasiswa dan pihak narasumber. Kegiatan juga diikuti puluhan mahasiswa sebagai peserta. (MS10)