Berita Sumut Headline Pendidikan Sumut

Ini Harapan Parlindungan Purba Dari Acara Rakerwil ABP PTSI di Gunungsitoli

GUNUNGSITOLI– Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) dan simposium Asosiasi Badan Penyelengggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABP PTSI) Sumut di Hotel Kaliki, Gunungsitoli, Senin (28/11) yang dibuka secara resmi Gubsu Edy Rahmayadi diharapkan dapat melahirkan kebijakan-kebijakan baru dalam mendukung pengembangan sumber daya manusia.

Hal itu disampaikan Ketua Yayasan Sari Mutiara Dr. Parlindungan Purba, SH,MM saat mengikuti kegiatan simposium di Gunungsitoli, Nias, Senin (28/11/2022).

“Kita berharap agar hasil rakerwil dan simposium ini nantinya dapat menghasilkan konsep pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang bisa bersaing secara global,” katanya.

Harapan kita ke depan, lanjut Parlindungan lulusan perguruan tinggi tidak lagi hanya siap mengisi lapangan kerja, tetapi juga mampu menciptakan lapangan kerja.

Perlu diketahui, bahwa kurikulum Kampus Merdeka Merdeka Belajar, merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil.

“Pendidikan kewirausahaan dan interaksi yang intensif dengan dunia industri menjadi kunci yang penting bagi karya-karya inovatif bagi lulusan perguruan tinggi bisa bersaing di pasar global. Oleh karena itu, keterlibatan industri dalam pendidikan di kampus sangatlah penting, juga kerja sama antar kampus untuk mempercepat proses pengembangan dan penguasaan iptek terbaru,” tandasnya.

Dengan adanya simposium ini, tambah Parlindungan perguruan tinggi harus mendorong mahasiswa mengimplementasikan keilmuannya untuk masyarakat.

Sementara Ketua Umum ABP PTSI Pusat Thomas Suyatno mengatakan, untuk mewujudkan cita-cita negara yakni mencerdaskan kehidupan bangsa haruslah dengan sinergi seluruh pihak. Namun menurutnya hal itu belum cukup.

“Tidak ada opsi lain, kecuali kolaborasi dan koordinasi, itu kita sebut dengan penta helix, namun itu pun tidak cukup, begitu banyak dimensi yang harus kita satukan dalam rangka mewujudkan visi bangsa itu,” kata Thomas.

Ketua Wilayah ABP PTSI Sumut Bahdin Nur Tanjung mengatakan, rapat tersebut akan menyusun program kerja yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi swasta.

“Agar perguruan tinggi swasta bisa sejajar dengan perguruan tinggi negeri bahkan bisa lebih baik dari perguruan tinggi negeri,” kata Bahdin Nur Tanjung.