Berita Sumut Headline Hukrim Sumut

Jaksa Menyapa Kejari Dairi Usung Topik Cegah Bullying Lewat Medsos

DAIRI-Di era serba internet dan perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih, makin mudah bagi kita untuk mengakses informasi dari seluruh belahan dunia. Akan tetapi, seiring perkembangan teknologi tersebut semakin mudah seseorang terjerat ke ranah hukum karena salah dan tidak bijak dalam membuat status, mengirim pesan dan menyebarkan informasi yang sesat serta melakukan tindakan bulli di akun media sosial.

Menyikapi hal ini, Kejaksaan Negeri Dairi menggelar kegiatan Jaksa Menyapa di Radio 90,20 FM Pakpak Bharat, Kamis (24/11/2022) dengan topik “Penegakan Hukum dalam Upaya Pencegahan Perilaku Bullying Melalui Media Sosial”.

Menurut Kepala Kejaksaan Negeri Dairi Chandra Purnama, SH, MH melalui Kasi Intel Erwinta Tarigan, Jaksa Menyapa adalah salah satu program Kejaksaan dalam memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat agar mengenali hukum dan menjauhi hukuman.

“Pada kegiatan Jaksa Menyapa kali ini kita memberikan pemahaman tentang aspek hukum dari perilaku bullying lewat media sosial. Dalam penyampaian materi juga diinformasikan kepada para pendengar radio terkait Undang-Undang No 19 Tahun 2016 perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik (UU ITE), ” paparnya.

Lebih lanjut Erwinta Tarigan menyampaikan bahwa di era sekarang sudah banyak contoh orang-orang yang terjerat kasus hukum karena melakukan bulli lewat akun media sosial atau media lainnya. Karena di dalam UU ITE telah jelas disampaikan beberapa hal terkait pasal-pasal yang bisa menjerat kita sebagai warga negara yang melakukan perbuatan melawan hukum.

“Kita harus bijak dalam menggunakan media sosial, jangan mudah terpancing dan ikut-ikutan melakukam bulli terhadap teman atau orang lain, ” pungkasnya.