Religi

Jalin Silaturahmi, UNA Gelar Halal bi Halal Syawal

Asahan – Dalam rangka menjaga tali silaturahmi, Universitas Asahan (UNA) menggelar acara halal bihalal bersama Civitas Akademika di Hall Parkiran UNA, Rabu (18/5/2022).

Kegiatan ini mengusung tema “Kembali ke Fitra dalam hangatnya kebersamaan dengan semangat Halal Bihalal kita satukan pemikiran untuk membangun Universitas Asahan yang unggul”.

Acara tersebut dibuka oleh Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si. Dalam sambutannya beliau mengatakan “Izinkan kami pada kesempatan kali ini menjadikan idul fitri menjadi momentum untuk menemukan kembali fitrah kita, baik personal maupun kolektif, dan menjadikannya sebagai acuan untuk mewarnai semua aktivitas kita,” tuturnya.

“Atas nama manajemen, rektorat dan semua pimpinan, izin kami mengucapkan selamat idul fitri, mohon maaf jika selama berinteraksi ada ketidak nyamanan dalam bentuk kebijakan ataupun pelayanan,” ucapnya.

Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si mengajak kepada seluruh pimpinan, dosen dan pegawai, mari bersama-sama untuk meningkatkan mutu serta pelayanan prima dalam bekerja sehingga bisa dirasakan oleh masyarakat.

Beliau berharap dengan adanya acara ini terbangun kebersamaan, kekompakan dan komitmen bersama seluruh civitas akademika UNA untuk lebih peduli terhadap kemajuan UNA menjadi unggul di mata masyarakat.

Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd mengimbau kepada seluruh pimpinan, dosen dan pegawai UNA untuk menjaga hubungan silaturrahmi antar sesama, meningkatkan etos kerja, bekerjasama, memperbanyak mahasiswa serta promosi sehingga UNA dikenal dimasyarakat.

“Keberhasilan UNA sangat ditentukan oleh peran kita semua. Insyaallah jika kita berhasil menjaga kebersamaan, integritas, dan kerja nyata, apa pun cita-cita bersama yang kita idamkan dapat terwujud dengan baik,” ungkapnya.

Kemudian, Ketua Pembina UNA Ir. Syarifullah Harahap, M.Si berpesan kepada pimpinan agar kedepannya UNA terapkan teknologi smart campus.

Dengan teknologi tersebut, seluruh aktivitas pembelajaran antara dosen dan sivitas akademika ditunjang dengan penggunaan hardware serta software yang telah dirancang untuk menunjang proses pembelajaran.

Selain menunjang proses pembelajaran, teknologi Smart Campus juga dapat membantu proses bisnis di perguruan tinggi menjadi lebih efisien dan efektif, sehingga perguruan tinggi dapat melakukan Tri Dharma perguruan tinggi dengan lebih mudah, terkontrol, dan termonitor dengan baik.

Acara dilanjutkan, dengan tausyiah yang dibawakan oleh Ustadz Aswiluddin Rambe, S.PdI, MA. Beliau menjelaskan Halal bi Halal adalah salah satu tradisi yang berkembang di kalangan masyarakat Islam Indonesia. Tradisi ini biasa dilakukan pasca Lebaran, tepatnya di bulan Syawal. Tradisi halal bihalal menjadi kegiatan tahunan yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan saling memaafkan. Maka dengan halal bihalal inilah kita saling meminta maaf dan memberikan maaf.

Diakhir tausyiahnya, beliau mengingatkan kepada seluruh keluarga besar UNA untuk menjadikan halal bihalal sebagai sarana untuk membangun kekompakan yang diharapkan bakal menumbuhkan semangat dan etos kerja untuk meraih prestasi yang lebih tinggi lagi. Acara tersebut ditutup dengan saling memaafkan dan foto bersama. (MS10)