Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Mobile
Media Sumutku Mobile
Media Sumutku Mobile
Media Sumutku Mobile
previous arrow
next arrow
Media Sumutku Landscape
Media Sumutku Landscape
Media Sumutku Landscape
Media Sumutku Landscape
previous arrow
next arrow
dpdreiHeadlineInfrastruktur & Property

Kabar Baik bagi Pengembang, Pemerintah Berencana Hapus IMB

×

Kabar Baik bagi Pengembang, Pemerintah Berencana Hapus IMB

Sebarkan artikel ini

Jakarta, Mediasumutku.com- Ada kabar baik bagi pengembang atau developer properti di seluruh Indonesia. Pemerintah pusat melalui Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil kembali lagi bicara soal penghapusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Di laman detikcom yang diakses Mediasumutku.com, Sabtu (21/9/2019), Sofyan Djalil mengatakan selama ini IMB jadi menghambat urusan perizinan. Sofyan tampak serius menghapuskan IMB.

Baca juga: Aneh, DP Rumah Turun, Bunga KPR Tinggi

Saat ini pihaknya sedang menyusun regulasi soal penghapusan IMB ini. Dibanding izin, kata Sofyan, lebih baik pengawasan saat konstruksi diperketat.

“Gini ini kan kita bicara, tunggu saja kita sedang pikirkan regulasinya, karena konsep izin selama ini paling banyak masalahnya. Karena paling penting sebenarnya pengawasan di lapangan,” kata Sofyan di Kantor Kemenko Perekonomian, Jumat (20/9/2019). Sofyan menjabarkan wacana penghapusan ini perlu dibahas lebih dalam agar pemerintah menemukan safeguard alias aturan pengawasan.

Yang pasti, kata Sofyan, nantinya inspektur pengawasan bangunan akan diperbanyak.”Tapi tentu harus ada namanya safeguard-nya kan berati izin nggak ada ini, tapi paling penting pengawasannya. Enforcement-nya itu yang penting, nanti akan banyak inspektur pembangunan yang keliling ngecek,” ujar Sofyan.

Sofyan berharap dengan penghapusan IMB, masyarakat bisa bergerak lebih cepat dalam mendirikan bangunan. Alhasil, investasi pun bisa lebih mudah. “Jadi supaya masyarakatnya gerak cepat dan investasi lebih bagus selama mereka memiliki standar. Kalau di luar negeri orang bangun standarnya udah ada, kalau you langgar ya dibongkar,” kata Sofyan.(MS1/dtc)

Baca Juga:   Tingkatkan PAD, Penindakan Bangunan Tanpa IMB Harus Dimasifkan