Berita Sumut Headline Hukrim Perkebunan & Pertanian Sumut

Kajari Dairi Chandra Purnama Dukung Pencanangan Kawasan Pertanian Terpadu di Dairi

DAIRI-Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Idianto, SH,MH yang diwakili Kepala Kejaksaan Negeri Dairi Chandra Purnama, SH,MH menghadiri acara Komitmen Kerjasama Perencanaan Kawasan Pertanian Terpadu Hortikultura dalam rangka peningkatan ketahanan pangan dan pengendalian inflasi di Kabupaten Dairi, Senin (21/11/2022).

Selain dihadiri Kajari Dairi Chandra Purnama, hadir juga Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi sekaligus melakukan penanaman bibit tanaman cabai merah di Desa Parbuluan V, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi, pada Pencanangan Kawasan Pertanian Terpadu Hortikultura.

Turut mendampingi Gubsu, Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, Bupati Dairi Eddy Keleng Berutu, Danrem 023/KS Kol Inf Dody Triwinarto, kelompok tani serta perwakilan PT Bank Sumut, Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Lusyantini, Kabiro Perekonomian Naslindo Sirait, Kepala Dinas Kehutanan Herianto dan Kepala Dinas Sosial Basarin Tanjung, serta para unsur Forkopimda Dairi.

Gubernur Edy Rahmayadi membandingkan kondisi tanah di sebuah provinsi kawasan Indonesia Timur, yang banyak bebatuan, dengan Sumut, khususnya Kabupaten Dairi yang begitu subur. Sehingga idealnya, masyarakat yang tinggal di daerah ini hidup sehat dan berkecukupan.

“Di sini, begitu subur tanahnya. Jadi saya tidak usah banyak omong, tetapi yang penting, apa yang mau kita kerjakan. Karena Bupatinya menargetkan luas lahan 400 ha hingga 2024 nanti,” ujar Gubernur.

Pencanangan kawasan pertanian terpadu ini, dalam rangka peningkatan ketahanan pangan dan pengendalian inflasi di Kabupaten Dairi, dan Sumut. Namun, menurutnya, perlu ada pendukung agar upaya pembangunan sektor pertanian ini bisa berbuah kesejahteraan.

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu mengaku bahwa kehadiran Gubernur di Desa Parbuluan V, untuk pencanangan pengembangan pertanian terpadu memberikan semangat untuk menjalankan misi membangun masyarakat.

“Sebagaimana pesan Bapak Gubernur tentang inflasi dan krisis pangan, kami mengambil langkah kongkret untuk mengantisipasi itu. Bagaimana kami dari Dairi, juga ikut menyumbang untuk Sumut Bermartabat,” terangnya.

Sementara Kajari Dairi Chandra Purnama disela-sela kegiatan menyampaikan dukungannya terhadap pencanangan kawasan pertanian terpadu di Kabupaten Dairi.