Ekonomi Hankam Headline Nasional Peristiwa Perkebunan & Pertanian Politik

Kalimantan Tengah Dinilai Cocok Jadi Lumbung Pangan Nasional

Mediasumutku.com | Kalimantan Tengah — Untuk mendorong dan meningkatkan swasembada pangan nasional maka diperlukan Lumbung Pangan Baru di Luar Pulau Jawa. Pemerintah segera merealisasikan agar Desa Bentuk Jaya di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah ini tengah dikembangkan menjadi lumbung pangan.

Demikian hal yang dikatakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat melaksanakan kunjung kerja ke Kabupaten Kapuas Desa Bentuk Jaya dan di Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (8/7/2020).

Menurut Jokowi, di lokasi desa inilah saya berkunjung, untuk melihat dari dekat lokasi “Food Estate” dengan lahan seluas 20.704 hektare di Kabupaten Kapuas. Dari jumlah tersebut, lahan yang telah fungsional mencapai 5.840 hektare.

Dikatakan Jokowi, secara keseluruhan, terdapat kurang lebih 165.000 hektare lahan potensial di Kalimantan Tengah yang diperuntukkan bagi pengembangan kawasan lumbung pangan nasional. Seluas 85.500 hektare di antaranya sudah berproduksi tiap tahunnya.

Pengembangannya akan berbasis korporasi petani akan dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan dalam satu kawasan. Para petani yang menggarap lahan dan peternakan akan terkonsolidasi dalam kelompok-kelompok tani dengan terlebih dahulu difasilitasi, baik sarana maupun prasarana serta pendukung lainnya, pungkas Jokowi.

Kementerian Pertahanan akan bertindak sebagai “leading sector” untuk pengembangan lumbung pangan nasional baru tersebut. Kementerian Pertahanan akan berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam menjalankan tugasnya.

“Karena ini menyangkut cadangan strategis pangan kita, ’leading sector-nya’ akan kita berikan ke Pak Menhan yang tentu saja didukung Pak Menteri Pertanian, juga Menteri PU. Tentu saja di daerah kita harapkan ada dukungan dari gubernur dan para bupati,” kata Presiden.

Turut hadir dalam peninjauan tersebut di antaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, dan Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo.