Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
PlayPause
previous arrow
next arrow
Hankam

Kapal Pandang I-1-72, Alutista Lanal Tanjungbalai Asahan Yang Baru

×

Kapal Pandang I-1-72, Alutista Lanal Tanjungbalai Asahan Yang Baru

Sebarkan artikel ini

mediasumutku.com | ASAHAN– Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tanjungbalai, Asahan (TBA) menerima Kapal Angkatan Laut (KAL) baru bernama Pandang I-1-72 yang diserahkan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksmana TNI Yudo Margono, Sabtu (3/7/2021).

Komandan Pangkalan Angkatan Laut Tanjungbalai-Asahan, Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory mengatakan, kehadiran KAL Pandang I-1-72 ini menjadi kekuatan baru dalam menunjang operasional dalam mengamankan periran wilayah pantai timur Sumatera dari berbagai gangguan keamanan di laut.

“KAL Pandang I-1-72 ini menjadi armada baru bagi Lanal Tanjungbalai- Asahan untuk memperkuat pengamanan laut wilayah pesisir pantai timur termasuk perbatasan dengan negara tetangga,” kata Danlanal, Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory.

Baca Juga:   Forkopimda Tabagsel Ikuti Upacara HUT ke-76 TNI

KAL dengan spesifikasi panjang 28,98 meter, lebar 6,20 meter, tinggi 3,15 meter, kecepatan maksimum 28 knot, kemampuan berlayar selama 3 hari dan diawaki oleh 15 ABK. KAL ini dilengkapi 1 Meriam kaliber 20 mm yang berada di Haluan dan 2 Mitraliur kaliber 12.7 mm di Geladak Anjungan.

“KAL Pandang ini juga dilengkapi satu unit meriam, nantinya pengoperasian kapal tidak selalu menetap, bisa dipangkalan, bisa berpatroli hingga ke tengah laut,” ucapnya.

Sebelumnya serahterima pengoperasian kapal tersebut dari Kasal ke Lanal TBA dilakukan di Halte Slipway PT Palindo Marine, Batam pada Jumat (2/7) lalu.
Ada dua unit KAL buatan asli Indonesia tersebut yang diserahterimakan Kasal Laksmana TNI Yudo Margono selain KAL Pandang I-1-72 kepada Lanal TBA satu unit kapal lainnya yakni KAL Sarudik I-2-18 kepada Lanal Sibolga.

Baca Juga:   TNI AL Selamatkan 34 PMI Ilegal Terjebak di Lautan Lumpur Demi Berangkat ke Malaysia

Keberadaan alutsista baru bagi Lanal TBA cukup memberikan kontribusi positif berupa jaminan keamanan maritim khususnya pada kondisi perairan yang berbatasan langsung dengan negara tetangga untuk mengawasi aktifitas ilegal dari jalur laut. (MS10)