Sumut

Kejar Target, 1.000 Warga Dolok Masihul Ikuti Vaksinasi Massal

mediasumutku.com|SERGAI-Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya didampingi Ketua TP PKK Sergai, Rosmaida Saragih meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Yayasan Pendidikan Fajar (Yaspenjar), Desa Dolok Manampang di Kecamatan Dolok Masihul, Minggu (13/6/2021). Vaksinasi massal di hari tersebut ditargetkan bisa mencapai 1.000 orang.

Bupati Sergai, Darma Wijaya mengatakan, program vaksinasi kecamatan ini sebagai langkah percepatan dan mendukung program pemerintah menuntaskan target 181 juta penerima vaksin.

“Desa Dolok Manampang ini bisa dibilang pelintasan jalan provinsi. Jadi, mobilitasnya sangat tinggi sehingga, rentan akan tertular virus Covid-19. Kami ingin warga mendapatkan vaksin agar untuk menambah kekebalan tubuhnya,” ucapnya.

Sejak pagi hingga pukul 12.00 Wib, tercatat sudah ada hampir 400 orang selesai divaksin. Pria yang akrab disapa Wiwik ini pun mengacungi jempol antusias warga yang berdatangan ke lokasi vaksinasi. Antusias ini pun dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan.

“Kita lihat warga sangat antusias. Hari ini kita batasi 1.000 orang dulu. Selebihnya di kesempatan berikutnya. Target kita vaksinasi di kabupaten Serdang Bedagai tuntas dalam 6 bulan,” ungkapnya.

Upaya menuntaskan target vaksinasi, lanjutnya, diharapkan Kecamatan lain juga melakukan vaksinasi massal. Sasaran vaksinasi tenaga pendidik juga akan dilakukan pekan depan.

“Kalau yang lalu vaksinasi 6.000 lansia sudah tuntas, ini kita targetkan 25.000 orang tervaksin dalam pekan ini termasuk guru. Jadi tiap kecamatan diharapkan melakukan vaksinasi seperti ini biar target kabupaten tuntas,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Dolok Masihul, drg Rina Manurung mengungkapkan, vaksinasi massal ini ditujukan untuk usia 18 tahun ke atas. 32 tenaga kesehatan dilibatkan untuk menyukseskan gelaran ini.

“Untuk vaksinasi 1.000 warga Dolok Masihul ini kita siapkan empat tim dimana tiap tim terdiri dar 8 orang nakes. Saat ini, Kecamatan Dolok Masihul yang sudah tervaksinasi sebanyak hampir 2.000 orang. Jumlah ini belum termasuk pelaksanaan vaksinasi hari ini,” ucapnya. (MS6)