Berita Sumut Headline Hukrim Sumut

Kejari Dairi Gelar Upacara dan Syukuran HBA yang ke-62

SIDIKALANG-Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) yang ke-62, Kejaksaan Negeri (Kejari) Dairi menggelar upacara dan syukuran di halaman kantor Kejari Dairi, Jumat (22/7/2022) dengan tema ‘Kepastian Hukum, Humanis Menuju Pemulihan Ekonomi’.

Kepala Kejaksaan Negeri Dairi Chandra Purnama, SH,MH memimpin langsung pelaksanaan upacara dan diikuti para Kasi serta pegawai di Kejari Dairi. Hadir juga pengurus Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Daerah Dairi Ny. Yusnani Chandra Purnama.

Pemotongan tumpeng dalam rangka HBA ke-62

Dalam amanatnya, Kajari Dairi Chandra Purnama membacakan pidato tertulis Jaksa Agung RI ST Burhanuddin bahwa peningkatan kepercayaan terhadap Kejaksaan karena masyarakat menganggap Kejaksaan sedikit-banyak telah mampu menampilkan wajah penegakan hukum yang didambakan. Di antaranya adalah keberhasilan Kejaksaan dalam menangkap kegelisahan masyarakat atas praktek penegakan hukum yang dinilai tidak memenuhi rasa keadilan, yaitu dengan dikeluarkannya kebijakan penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif.

“Kebijakan tersebut merupakan tonggak perubahan paradigma penegakan hukum, sehingga masyarakat memposisikan restorative justice identik dengan Kejaksaan,” katanya.

Upacara peringatan HBA ke-62 di halaman kantor Kejari Dairi

Sesuai dengan tema HBA ke-62, lanjut Chandra bahwa kepastian hukum yang humanis adalah penegakan hukum yang dilakukan dengan memperhatikan keadaan sekitar dan memahami apa yang dibutuhkan oleh masyarakat secara proporsional, tetapi bukan berarti tunduk pada tekanan, namun cermat dalam menyerap nilai keadilan yang tumbuh di masyarakat.

“Karena hukum ditegakan dengan akal pikir, dan keadilan diasah dengan hati nurani,” tandasnya.

Setelah pelaksanaan upacara, kegiatan peringatan HBA dilanjutkan dengan acara syukuran. Karena, sebelumnya Kejari Dairi telah melakukan beberapa kegiatan jelang Hari Bhakti Adhyaksa yang ke-62 dan Hari Ulang Tahun Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) yang ke-22.

“Kita telah melaksanakan bakti sosial ke pesantren, tenaga honor, purna Adhyaksa dan satpam, pekan olahraga, ziarah ke Taman Makam Pahlawan dan diakhiri dengan upacara puncak HBA dan syukuran HBA di halaman kantor Kejari Dairi,” kata Chandra Purnama didampingi Kasi Pidum Kejari Dairi Adhy Limbong,SH dan Kasi Intel Erwinta Tarigan,SH.