Berita Sumut Headline Hukrim Sumut

Kejari Langkat Peringkat I Bidang Pidum, Cabjari Pangkalan Brandan Borong 4 Penghargaan

MEDAN-Di akhir acara Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara mengumumkan satuan kerja dengan kinerja terbaik, Kejaksaan Negeri Langkat dibawah kepemimpinan Kajari Mei Abeto Harahap, SH,MH meraih Piagam Penghargaan Peringkat 1 se-Sumut dari Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara dalam Pencapaian Kinerja dan Prestasi Bidang Pidana Umum Tahun 2022 dan Cabang Kejaksaan Negeri Langkat di P. Brandan juga memborong 4 penghargaan di bawah kepemimpinan Kacabjari NopriandNoprianto Sihombing, SH,MH yang menggantikan Feri Ginting, SH,MH.

Seluruh Kajari, Kacabjari, dan para Kasi dari daerah termasuk Kejaksaan Negeri Langkat mengikuti Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Tahun 2022 (Selasa, 27 Desember – Rabu, 28 Desember 2022) bertempat di Aula Sasana Cipta Kerta, Lantai 3 Kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.

Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Tahun 2022 dengan tema Capaian Tugas dan Fungsi yang dikaitkan dengan Prioritas Nasional, Direktif Presiden, Hibah dan Lembaga Honor, Rencana Aksi Nasional dan Implementasi Core Value tersebut diikuti oleh seluruh Kejaksaan Negeri dan Cabang Kejaksaan Negeri yang berada di wilayah Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.

Kepala Kejaksaan Negeri Langkat Mei Abeto Harahap, SH,MH melalui Kepala Seksi Intelijen Sabri F Marbun, SH ketika dikonfirmasi, Rabu (28/12/2022) mengatakan bahwa Bidang Pidum dibawah kepemimpinan Kasi Pidum Indra Hasibuan, SH capaian kinerjanya pada Tahun 2022 rata-rata menangani 85 Perkara per bulan, perkara PKting 14 Perkara dan Tilang 69 Perkara, SPDP (Pratut) 1158 Perkara, TPRING 1 Perkara, Tahap II 780 Perkara, Pelimpahan Ke PN 760 Perkara, Restorative Justice 23 Orang (20 Perkara), Perkara Bebas Terbukti di MA 3 Perkara serta Inchracht & Eksekusi 667 Perkara.

Sebelumnya, di tahun 2022 Kejaksaan Negeri Langkat juga mendapat Peringkat Kedua secara Nasional dalam hal jumlah penyelesaian perkara berdasarkan Restorative Justice (RJ) yang dimana Kejaksaan Negeri Langkat pada Tahun 2022 melakukan Penyelesaian Perkara melalui Restorative Justice sebanya 23 Orang (20 Perkara) yang didasarkan pada hati nurani dan berpedoman pada Perja No.15 Tahun 2020 tentang penyelesaian perkara melalui Restorative Justice.

Kacabjari Langkat di Pangkalan Brandan Noprianto Sihombing, SH,MH

Kajari juga menyampaikan bahwa Cabjari Langkat di Pangkalan Brandan mendapatkan beberapa prestasi yang membanggakan yakni mendapatkan 4 Piagam Penghargaan Dari Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara yaitu :
1. Peringkat 1 Dalam Capaian Kinerja dan Prestasi Bidang Pidana Khusus Tahun 2022
2. Peringkat 1 Dalam Capaian Kinerja dan Prestasi Bidang Pembinaan Tahun 2022
3. Peringkat 2 Dalam Capaian Kinerja dan Prestasi Bidang Intelijen Tahun 2022
4. Peringkat 3 Dalam Capaian Kinerja dan Prestasi Bidang Pidana Umum tahun 2022.

“Capaian tersebut tidak terlepas dari sinergitas antara Kejari Langkat dengan Cabang Kejaksaan Negeri Pangkalan Brandan, mari kita tingkatkan lagi pelayanan hukum yang terbaik untuk masyarakat Kab. Langkat di masa-masa yang akan datang, ini adalah wujud nyata Kejaksaan hadir ditengah-tengah masyarakat khususnya Kabupaten Langkat,” tandasnya.

Lebih lanjut Mei Abeto Harahap memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada jajaran Pidum dan seluruh jajaran Kejaksaan Negeri Langkat atas prestasi dan kinerja yang telah diberikan pada Tahun 2022.

Diharapkan, tambahnya Satuan Kerja Kejaksaan Negeri Langkat dapat selalu meningkatkan prestasi, bertransformasi serta selalu berinovasi dalam berkarya untuk bangsa.

“Tahun 2023 nanti kita harus lebih baik lagi di seluruh bidang dalam pencapaian kinerja dan memiliki konsep yang mengedepankan pelayanan kepada masyarakat secara adil dan merata, tentu mengedepankan integritas, profesional dan berhati nurani,” katanya.