Peristiwa

Kerap Banjir, Warga Minta Sungai Bahapal Dikeruk

mediasumutku.com | BATUBARA-Untuk mengatasi banjir yang kerap melanda Desa Nanasiam, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, warga sekitar meminta agar pemerintah melakukan pengerukan Sungai Bahapal yang terletak di desa tersebut.

“Banjir yang melanda Desa Nanasiam disebabkan meluapnya air Sungai Bahapal. Sungai Bahapal saat ini sudah mengalami pendangkalan. Aliran air sungai itu kiriman dari atas (Simalungun),” kata Kepala Desa Nanasiam, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara, Muhammad Khairul, kepada wartawan, Sabtu (19/11/2020).

Khairul mengatakan, tidak hanya dilakukan pengerukan saja, tetapi juga bendungan sungai harus ditinggikan.

“Sudah berulang kali kita usulkan kepada pihak terkait agar sungai itu dikeruk dan bendungan ditinggikan. Namun, hingga saat ini usulan dari warga belum terealisasi,” katanya.

Dikatakannya, saat ini kondisi Desa Nanasiam dibeberapa tempat masih tergenang air, terutama di akses jalan utama.

“Dibeberapa tempat, air masih menggenang sekitar 20 centimeter, terutama pada akses jalan. Masyarakat secara swadaya melakukan perbaikan jalan,” ujarnya.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Batubara, Khairil Anwar mengatakan, terkait pengerukan sungai tersebut merupakan wewenang provinsi.

“Pengerukan sungai itu wewenang provinsi. Walaupun demikian, beberapa waktu itu sudah kita kerjakan, tetapi belum maksimal, sesuai dengan kemampuan kita. Masalah itu sudah diusulkan ke provinsi untuk dilaksanakan ditahun 2021, termasuk jalan,” katanya. (MS10)

Tinggalkan Balasan