Berita Sumut Headline Nasional Sumut

Ketua DPP Himpak Citra E Capah Lantik Ketua DPD Himpak Subussalam, Aceh Singkil dan Ketua DPW Himpak Aceh

SUBUSSALAM-Ketua umum DPP Himpak Drs H Citra Effendi Capah, MSP melantik sekaligus 3 (tiga) kepengurusan organisasi Himpunan Masyarakat Pakpak (Himpak), yaitu Ketua DPD Himpak Kota Subussalam, Ketua DPD Himpak Kabupaten Aceh Singkil dan DPW Himpak Propinsi Aceh di Hotel Hermes One Kota Subussalam, Sabtu (12/11/2022).

Sebelum dilantik, Sekjend DPP Himpak Kasiman Berutu, SH membacakan SK DPP Himpak didampingi Bendahara Umum DPP Himpak Nurmala Maibang serta Wakil Sekretaris Muler Tamba.

Pengurus DPP Himpak, DPW Himpak Aceh dan DPD Himpak Subussalam, serta Aceh Singkil bersama Walikota Subussalam Affan Alfian Bintang

Selanjutnya, secara bergilir dilaksanakan prosesi pelantikan kepada ketiga kepengurusan disertai dengan penyerahan Pataka kepada Ketua DPD Himpak Kota Subussalam Sahidin Berampu, Ketua DPD Aceh Singkil Hitler Tumangger SH dan Ketua DPW Provinsi Aceh Kompol (Purn) R Suhadi Berutu oleh Ketum DPP Himpak Citra E Capah serta disaksikan oleh Walikota Subussalam Affan Alfian Bintang, Ketua DPRK Subussalam Ade Fadly Pranata Bintang, unsur Forkopimda, Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) H Bakhtiar, Dewan Pembina Himpak Ir Tumpu Capah dan para Ketua DPW/DPD Himpak se-Sumut.

Dalam sambutannya Ketum DPP Himpak Citra Effendi Capah menyampaikan bahwa di kota Subussalam dan Kabupaten Aceh Singkil, masyarakatnya didominasi suku Pakpak suak Boang, yang merupakan satu kesatuan dari 4 suak Pakpak lainnya yakni uak Pegagan dan Kepas di Kabupaten Dairi, suak Simsim di Kabupaten Pakpak Bharat serta suak Kelasan di Kab Tapteng dan Humbahas Provinsi Sumut.

Ketua DPP Himpak Citra E Capah bersama Walikota Subussalam Affan Alfian Bintang

“Organisasi Himpak adalah organisasi dalam kehidupan pergaulan keseharian yang lebih menonjolkan kekerabatan adat dan budaya dibandingkan dengan struktur kepengurusan. Dengan kata lain tutur lebih lebih menonjol dari pada struktur organisasi. Tutur adalah tatanan kekerabatan sesama warga Pakpak berdasar Sulang Silima. Sulang Silima adalah struktur sosial yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Pakpak yang didalamnya terdapat unsur berru, sebeltek, sinina, puang dan kula-kula,” katanya.

Organisasi ini, kata Citra Capah menjadi wadah bagi masyarakat Pakpak dimana pun berada untuk mempererat tali persaudaraan dengan konsep saling tolong menolong.

Walikota Subussalam H Afan Alfian Bintang mendorong agar organisai Himpak yang baru saja dilantik dapat bersinergi dengan Pemerintah Kota Subussalam, Kabupaten Aceh Singkil serta Pemerintah Provinsi Aceh untuk membangun daerahnya masing-masing.

Mewakili Majelis Adat Aceh H Bakhtiar menyampaikan apresiasi atas terlaksananya pelantikan organisasi Himpunan Masyarakat Pakpak di Provinsi Aceh, Kabupaten Aceh Singkil dan Kota Subussalam.

Pasca pelantikan, Walikota Subussalam menjamu tamu undangan dan pengurus DPD Himpak Subussalam dan Aceh Singkil serta DPW Himpak Aceh di pendopo rumah dinas Walikota untuk makan besama dan mempererat tali silaturahmi.

Hadir juga dalam acara pelantikan tersebut, Ketua Majelis Adat Kota Subussalam H M Idris, Ketua DPW Himpak Sumut yang diwakili Sekretaris Ahmad Syafril Padang, Ketua DPD Himpak Dairi Raja Ardin Ujung, Ketua DPD Himpak Pakpak Bharat Rijal Effendi Padang, Ketua DPD Himpak Karo Drs Rasden Boang Manalu, Ketua DPD Himpak Deliserdang Dr Sabrin Tinambunan, Ketua DPD Himpak Medan Salim Padang serta pengurus lainnya.