Berita Sumut Medan Politik

Ketua DPRD Medan Laksanakan Ziarah ke Makam Pendiri Kota Medan

MEDAN-Ketua DPRD Medan Hasyim melaksanakan ziarah ke Pemakaman Guru Patimpus Sembiring yang merupakan pendiri Kota Medan di Desa Lama Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang, Sumut, Senin (22/08/22).

Turut mendampingi Ketua DPRD Medan Hasyim, Perwakilan Keluarga Sidarta Sembiring Pelawi, dr John Roy Kaban yang juga Ketua Pemugaran pemakamam Guru Patimpus, Runtung Pelawi, Ahmad Riza Siregar, Rudy Harjono (Joe) Juanda Ketaren, Maria br Sembiring Pelawi dan konten kreator Jack India yang akrab disapa Ketua Limpul.

Disela-sela kunjungan, Hasyim menyampaikan dukungan pihak keluarga untuk melakukan pemugaran Makam Guru Patimpus yang merupakan sosok pendiri Kota Medan.

Sambung Hasyim lagi, sebagai wakil rakyat meminta agar pemerintah saling berkolaborasi dalam menjaga dan merawat lokasi makam dimana ini merupakan Situs Sejarah, karena beliau merupakan sosok tokoh pendirinya Kota Medan.

Karena pemakaman/kuburan ini berada dikawasan Deli Serdang, tentunya harus adanya kolaborasi antara Pemko Medan, Pemkab Deli Serdang dan Pemprovsu untuk menjaga dan merawat, karena ini tidak hanya sebatas pemakaman yang merupakan situs sejarah dan cagar budaya.

Lebih lanjut Politisi PDI Perjuangan Kota Medan ini pun menyampaikan bahwa ini situs sejarah maka menjadi tanggungjawab bersama dalam merawatnya.

Hasyim juga mengingatkan bahwa pembenahan Makam Tuan Guru Patimpus ini sangat penting bagi para generasi muda bangsa untuk pendidikan sejarah khususnya berdirinya Kota Medan.

Senada dengan itu, Sidarta Sembiring mengatakan menyambut baik adanya dukungan Ketua DPRD Medan atas pemugaran makam leluhur kami yang merupakan penemu/pendiri Kota Medan.

Selain itu, kenapa Tuan Guru Patimpus, leluhur kami dikebumikan di Desa Lama, Hamparan Perak?, ucap Sidarta karena ini merupakan wasiat sebelum meninggal agar di Makam di Desa Lama karena ini merupakan tempat Almarhum melamar Nenek br Tarigan yang merupakan Putri Pangeran Pulo Brayan.

Lanjutnya lagi mengenai rencana pemugaran ini yang telah sepakati dengan keluarga dari empat garis keturunan, pelaksanaan akan dilaksanakan pada Oktober 2022, dengan anggaran Rp400 juta. Tentunya tidak hanya sekedar pemugaran akan tetapi nantinya juga disediakan tempat informasi atau kisah sejarah Guru Patimpus.

Dimana Guru Patimpus merupakan seorang tabib semasa hidup yang mendirikan rumah perobatan dikawasan Sei Babura dan Sei Deli yang merupakan tugu sekarang telah mendedikasikan hidupnya dalam perobatan dan berdirinya Kota Medan.

Dalam kunjungan, Hasyim tampak berdoa bersama perwakilan keluarga besar Guru Patimpus dilokasi makam. Selain itu, tampak perwakilan ormas dan kepemudaan yang hadir disekitar lokasi makam.

Masih dalam kunjungan, Ketua DPRD Medan, Hasyim dan perwakilan keluarga memberikan lampu LED kepada Paidi yang juga pengurus makam.