Berita Sumut Headline Sumut

Kunjungi Pulau Pandang dan Salah Namo, Musa Rajekshah Imbau Hal Ini ke Pemkab Batubara

BATUBARA – Kunjungi Pulau Pandang dan Pulau Salah Namo, Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengimbau Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batubara untuk menyusun konsep peningkatan pariwisata khususnya di dua lokasi tersebut.

“Seluruh Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah khususnya di Batubara kita imbau untuk menyiapkan konsep untuk peningkatan pariwisata. Pemerintah Provinsi Sumut nanti akan membantu secara anggaran, promosi dan kita akan mencoba juga menarik investor-investor supaya bisa masuk,” ujar Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck, saat melihat potensi pariwisata di Pulau Pandang dan Salah Namo, Sabtu (14/5).

Ijeck didampingi Wakil Bupati Batubara Oky Iqbal Frima, Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution, Anggota DPRD Dody Tahir, Anggota DPRD Batubara Citra Bangun, Kasatlantas Batubara AKP Aridal Fitra, Kadis PMD Sumut Hendra Dermawan Siregar, Kadis Pariwisata Sumut Zumri Sulthony.

Setelah melihat langsung Pulau Pandang dan Salah Namo, Ijeck mengaku keduanya berpotensi besar menjadi destinasi favorit di Batubara. Hamparan pasir, bebatuan, air jernih hingga terumbu karang yang dimiliki Pulau Pandang dan Salah Namo menjadi daya tarik sendiri.

“Kedua pulau ini potensinya cukup besar, banyak atraksi yang bisa dilakukan pengunjung juga di sini bisa mancing, diving dan snorkeling. Pulau Pandang juga punya dua puncak bukit, salah satu bukitnya ada batu belah yang bisa dikunjungi wisatawan,” kata Ijeck.

Ijeck berharap Pemkab Batubara bisa menyusun rencana kerja untuk meningkatkan pariwisata wisata di kedua pulau ini. Ia juga mengimbau agar para pengunjung bisa merasa aman dan nyaman saat berkunjung ke Pulau Pandang, Pulau Salah Namo dan tempat wisata lainnya di Batubara.

“Tadi ada pengunjung dari Deliserdang, mereka bilang nyebrang melalui Tanjung Tiram. Tapi mereka mengeluhkan kalau di Tanjung Tiram kadang mobil atau motornya yang diparkir di sana dirusak, barang yang tersimpan di mobil hilang. Hal ini harus diperhatikan, bagaimana pengunjung bisa merasa nyaman dan mau kembali lagi. Masyarakat harus diedukasi kalau wisatawan yang datang itu manfaatnya untuk kemajuan daerah dan masyarakat itu sendiri,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Batubara Oky Iqbal Prima menyampaikan pihaknya tengah menyiapkan infrastruktur agar pengunjung bisa mudah mengunjungi dua pulau tersebut. “Kami Insya Allah akan mempersiapkan infrastruktur kapal untuk bisa ke dua pulau ini, dan yang selama ini sudah terbangun akan kita perbaiki agar wisatawan senang dan mudah mengelilingi Pulau Pandang dan Salah Namo ini,” tutupnya.