Sumut

Lancarkan Perekonomian, Bangunan Jalan Lapen Desa Pematang Guntung Diapresiasi Masyarakat

Mediasumutku.com| SERGAI- Pembangunan jalan lapen sepanjang 215 meter lebar 2.5 meter di Dusun III, Desa Pematang Guntung, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai, diapresiasi masyarakat.

Pembangunan jalan lapen yang bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp.134 juta lebih itu melancarkan distribusi hasil laut dan pertanian dari Tempat Pelelangan Ikan Sialangbuah.

“Setelah jalan ini ditingkatkan menjadi jalan lapen maka warga yang tadinya mengambil jalan memutar sehingga menjadi jauh sekarang lebih dekat menuju Nagur, Bedagai ataupun sebaliknya,” bilang Al Jihad, Sahrul,Junaidi, Sopian, Jamasari. Dimas, Halim Perdana dan Imuh kepada wartawan, Jumat (28/12/2019).

Pembangunan jalan lapen yang membelah persawahan masyarakat sebagai mata pencaharian pokok sangat berdampak kepada pengguna jalan sehingga melancarkan perekonomian desa sekitarnya.

“Setelah peningkatan jalan menjadi jalan lapen transportasi masyarakat semakin lancar dan sekarang adalah jalan alternatif dan mempersingkat waktu,” ungkap warga.

Dengan anggaran yang cukup minim melalui Dana Desa jalan lapen yang berlokasi di Dusun III Desa Pematang Guntung berdampak positif bagi ekonomi masyarakat.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada pemerintah melalui Dana Desa membangun infrastruktur yang cukup baik. Banyak warga masyarakat byang menerima manfaatnya dalam menggerakkan perekonomi di desa, lantaran mempersingkat jaraj tempuh lebih singkat,” ujar Jamasari.

Menurut Jamasari yang juga anggota BPD mengatakan bahwa dalam proses pekerjaan pembangunan jalan lapen tersebut melibatkan pekerj dari masyarakat desa setempat dan diawasi masyarakat.

“Saya ikut juga bekerja sehingga secara langsung mengetahui proses pembangunan nya dan sesuai dengan RAB yang menjadi panduan pekerjaan hingga selesai,” tandasnya.

Sementara Kepala Desa Pematang Guntung, Juni yang berada di lokasi jalan lapen mengatakan jalan lapen baru siap dikerjakan danmudah mudahan banyak warga yang mendapat manfaat pembangunan infrastruktur tersebut.

“Butuh dukungan semua pihak agar jalan lapen ini lebih bertahan dan awet dan untuk itu mari bersama sama merawat hasil pembangunan ini,” ajaknya kepada masyarakat.